Tahun Ini Tanjabtim Akan Buka CASN dan PPPK

Tahun Ini Tanjabtim Akan Buka CASN dan PPPK

Sekda Tanjabtim, Sapril--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Setelah sekian lama, akhirnya Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjabtim akan membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Dimana penerimaan CASN itu akan dibuka secara umum pada tahun 2024 ini.

Hal itu disampaikan Sekda Tanjabtim, Sapril. Dia mengatakan, bahwa tahun ini Kabupaten Tanjabtim mendapat peluang dari Pemerintah Pusat untuk mengajukan formasi CASN. Terkait formasi apa yang yang akan diusulkan, pihaknya akan merapatkannya dulu dengan dinas teknis terkait.

"Kalau untuk gambaran mungkin ada ratusan formasi yang akan kita usulkan," katanya.

Peluang ini menurutnya harus dimanfaatkan sebaik mungkin, sebab Kabupaten Tanjabtim sudah beberapa tahun belakangan belum mendapat kesempatan untuk membuka penerimaan CASN. Dan ini lah kesempatan Tanjabtim untuk membuka kembali penerimaan CASN.

"Setelah kita rapat, nanti akan langsung kita usulkan ke pusat. Mudah-mudah tahun ini kita buka seleksi CASN," harapnya.

Kemudian untuk penerimaan PPPK tenaga guru dan kesehatan juga akan dibuka tahun 2024 ini. Dan sekaligus Pemerintah Kabupaten Tanjabtim juga mencoba mengajukan PPPK khusus untuk mengakomodir tenaga honorer dilingkup Pemerintah Daerah. 

"Untuk PPPK yang akan kita usulkan mungkin sekitar 700 formasi, dan kita belum tahun berapa yang akan disetujui," jelasnya.

Diakui Sekda, bahwa memang Pemerintah Kabupaten Tanjabtim saat ini masih banyak kekurangan tenaga pegawai. Idealnya pegawai yang dibutuhkan sebanyak 5.000 orang, sedangkan pegawai yang ada baru sebanyak 3.300 orang. Artinya kekurangan pegawai di bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini masih sekitar 1.700 orang.

"Sementara dari 33.00 ASN itu setiap tahunnya dipastikan akan berkurang, karena banyak ASN yang sudah masuk Batas Usia Pensiun (BUP)," terangnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: