Hujan, H Mukti Pantau Kondisi Infrastruktur, Turap Penahan Pondasi Jembatan Karang Birahi Tergerus Arus Sungai

Hujan, H Mukti Pantau Kondisi Infrastruktur, Turap Penahan Pondasi Jembatan Karang Birahi Tergerus Arus Sungai

Hujan, H Mukti Pantau Kondisi Infrastruktur, Turap Penahan Pondasi Jembatan Karang Birahi Tergerus Arus Sungai--

BANGKO, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Merangin dalam sepekan terakhir, membuat sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan mengalami kerusakan di sejumlah titik.

Guna mengetahui kondisi infrastruktur tersebut, Pj Bupati Merangin H Mukti bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Merangin, turun ke sejumlah titik yang infrastrukturnya mengalami kerusakan, Jumat (22/12).

Salah satu titik yang dipantau H Mukti, Jembatan gantung Desa Karang Birahi Kecamatan Pamenang Barat. Dari hasil pantauan Pj bupati tersebut, turap penahan pondasi jembatan tersebut, turun akibat tergerus derasnya arus sungai.

‘’Kita sangat mengkhawatirkan akses jembatan yang menjadi ‘urat nadi’ perekonomian masyarakat ini putus. Untuk itu sementara waktu jembatan itu ditutup bagi kendaraan roda empat,’’ujar Pj Bupati.

Sekilas lanjut H Mukti kondisi jembatan tidak mengalami perubahan, namun bisa saja tiang penyangga jembatan itu roboh, karena pondasinya sudah tergerus arus sungai karena turap penyangganya sudah longsor.

‘’Jadi tolong Pak Kades titip, jaga belul jembatan ini jangan sampai arus lalulintasnya padat di tengah, sehingga bebannya tinggi. Sementara tidak boleh mobil siapapun melewati jembatan ini, nanti roboh,’’pinta H Mukti

Bagaimana upaya perbaikan yang akan dilakukan? Untuk perbaikan turap penahan pondasi yang turun akan segera diperbaiki, sehingga jangan sampai merusak kontruksi jembatan kebanggaan warga Karang Birahi dan sekitarnya tersebut.

‘’Kita akan lihat dulu anti, apakah masih bisa pakai dana tanggap darurat atau menunggu dana dari Pusat. Untuk memperbaiki turap ini tadi Dinas PUPR sudah menghitungnya sekitar Rp 800 juta,’’terang Pj Bupati.

Kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan pada musim hujan saat ini jelas H Mukti, tidak hanya terjadi di Karang Birahi tapi juga di daerah-daerah lainnya, terutama daerah rawan banjir

‘’Itu di daerah Tabir Ilir sudah banjir, sehingga beberapa ruas jalan sudah tergenang air dan beberapa rumah sudah terendam. Mudah-mudahan tidak banyak infrastruktur kita yang rusak akibat musih hujan kali ini,’’harap H Mukti.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: