Ini Jumlah Ruko, Gerai dan Luas Lahan WTC Batanghari yang Setorannya ke Pemda Hanya Rp21 Juta per Bulan

Ini Jumlah Ruko, Gerai dan Luas Lahan WTC Batanghari yang Setorannya ke Pemda Hanya Rp21 Juta per Bulan

WTC batanghari berdiri di atas lahan milik Pemprov Jambi-Foto: Google Maps-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Mall WTC Batanghari saat ini sedang jadi sorotan banyak pihak, menyusul dengan terkuaknya jumlah setoran pihak manajemen WTC untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang dinilai terlalu kecil.

Pemprov Jambi adalah pemilik lahan kawasan WTC Batanghari, sementara manajemen WTC di bawah naungan PT.Simotha merupakan investor yang membangun dengan biaya mereka serta mengelola kawasan tersebut dengan perjanjian.

Sekitar 19 tahun lalu, yaitu tahun 2004, mall ini mulai dibangun, kemudian tahun 2007 mall mulai beroperasi. Artinya jika dihitung sejak itu, sudah 16 tahun mall itu berdiri.

Dalam 10 tahun terakhir, Pemprov Jambi dan pihak manajemen WTC juga memperbaharui perjanjian mereka, dimana dalam perjanjian itu, disepakati 15 persen dari keuntungan WTC akan diserahkan untuk pendapatan daerah melalui pemprov.
 
Menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Jambi Kamaludin Havis, jumlah yang diterima pemda masih sangat jauh dibawah ekspektasi masyarakat saat melihat mall sebesar itu.

Katanya, tahun 2022 lalu, Pemprov Jambi hanya menerima Rp256 juta per tahun. Atau jika dirata-ratakan dalam 12 bulan, maka pendapatan pemda hanya sekitar Rp21 juta per bulan, dari mall sebesar itu.

Kontrak kerjasama Pemprov Jambi dan pihak majamen WTC sebenarnya masih ada 7 tahun lagi. Kini DPRD dan juga pengamat menilai, sudah saatnya pemerintah meninjau kembali perjanjian 15 persen itu menjadi angka yang lebih layak untuk pemerintah, demi kepentingan masyarakat Jambi juga.

Berapa Jumlah Ruko, Gerai dan Luas Lahan WTC?

Mengutip dari laman resmi WTC Batanghari, disebut ada 112 unit ruko yang menyatu dengan mall WTC Batanghari.
 
Ruko-ruko itu kini diisi oleh pedagang grosir produk fashion, tempat hiburan, studio, dan perkantoran, serta juga ada yang masih kosong atau tak dihuni.

Sementara jumlah gerai di WTC Batanghari terlacak ada sekitar 48 lebih gerai. Terdiri dari restoran, café dan makanan ringan, pakaian, aksesoris, sepatu dan tas, juga ada swalayan, pusat kebugaran dan farmasi, perhiasan, ATM center, rambut dan kecantikan, mebel rumah tangga dan produk ponsel serta banyak lainnya.

Lantas berapa luas lahan WTC Batanghari? Ternyata luas area dan bangunan di WTC Batanghari adalah sebesar 50.000 M2.

View Indah Pengunjung Capai 15 Ribu

Mall ini juga memiliki pemandangan yang indah, view di belakang mall merupakan bentangan Sungai Batanghari dan juga terdapat ikon Provinsi Jambi yaitu jembatan Gentala Arasy.

Mall ini termasuk mall yang banyak diminati pengunjung. Terbukti, pihak manajemen mall melalui situs resminya merilis, jumlah pegunjung di Mall WTC Batanghari berkisar 8.000 orang di hari reguler dan 15.000 orang di akhir pekan.

“Sebagai informasi Mall WTC Batanghari – Jambi adalah satu-satunya pusat perbelanjaan dan terlengkap, satu-satunya di Kota Jambi yang mempunyai view pemandangan Sungai Batanghari yang terkenal sebagai urat nadi angkutan sungai di Pulau Sumatera,” tulis situsnya.

Segment market dan visitor di WTC Batanghari mempunyai range yang cukup luas karena di WTC Batanghari kami menciptakan  konsep mixing antara trade centre dengan life style mall, untuk lantai dasar kami menerapkan konsep life style mall sedangkan lantai 1& 2 adalah trade centre dan restaurant, sedangkan di lantai 3 adalah food & family entertainment centre. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: