Racana Pramuka UIN STS Jambi Gelar Kursus Pembina Mahir Dasar

Racana Pramuka UIN STS Jambi Gelar Kursus Pembina Mahir Dasar

Racana Pramuka UIN STS Jambi Gelar Kursus Pembina Mahir Dasar--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Racana Pramuka UIN STS Jambi kembali menggelar kursus Pembina pramuka mahir Tingkat Dasar (KMD)-G Tahun 2023. 

Kegiatan dilaksanakan, selama enam hari, yaitu Senin – Sabtu (11-16/12) dan dibuka langsung Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Bahrul Ulum, MA.

Dijelaskan Dr. Bahrul Ulum,MA., kegiatan ini adalah kegiatan rutin Racana Pramuka UIN STS Jambi karena kegiatan ini sangat penting dalam upaya pembinaan secara berkelanjutan.

“Ada tiga keunggulan yang harus dimiliki oleh pramuka racana UIN STS Jambi dan harus  diperhatikan dalam mengembangkan pramuka, yaitu unggul religi, unggul keilmuan dan unggul pengabdian,” tegas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Bahrul Ulum, MA.


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Bahrul Ulum, MA.--

Pertama, unggul religi, sebagai pramuka yang juga mahasiswa UIN STS Jambi harus selalu mengedepankan nilai-nilai agama sehingga menjadi ciri pembeda dengan kampus lainnya karena itu merupakan keutamaan dan kebanggaan sebagai mahasiswa UIN STS Jambi.

Kedua, unggul keilmuan. Pramuka UIN STS Jambi harus memiliki keunggulan dalam hal keilmuan bukan hanya sekedar menuntut ilmu di dalam kelas tetapi juga di masyarakat dan harus selalu meng-upgrade ilmu yang dimiliki dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman karena pelajaran di masyarakat lebih penting untuk diamalkan dibanding hanya sekedar teori di dalam kelas. 

Untuk itu ia menekankan kepada para peserta yang hadir untuk terus menambah skill, ilmu dan pengalaman sebagai penopang dari keilmuan yang telah didapatkan di perguruan tinggi untuk menghadapi era saat ini.

Terakhir, unggul pengabdian. Sesuai dasa darma ke-5 yang berbunyi “rela menolong dan tabah”, pramuka adalah salah satu UKK (Unit Kegiatan Kampus) yang banyak melakukan pengabdian. 

Untuk itu hal ini harus terus dilakukan agar bisa menjadi contoh baik di masyarakat dan menjadi orang yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sebagai pramuka yang juga mahasiswa UIN STS Jambi harus selalu mengedepankan nilai-nilai agama sehingga menjadi ciri pembeda dengan kampus lainnya karena itu merupakan keutamaan dan kebanggaan sebagai mahasiswa UIN STS Jambi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Adab dan Humaniora, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Dakwah Kepala UPKK, Pembina Racana UIN STS Jambi dan tamu undangan. (uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: