Mahasiswa KKN-T UNJA Bantu 26 Pelaku Usaha Terbitkan Sertifikasi Halal Self Declare

Mahasiswa KKN-T UNJA Bantu 26 Pelaku Usaha Terbitkan Sertifikasi Halal Self Declare

Mahasiswa KKN-T UNJA Bantu 26 Pelaku Usaha Terbitkan Sertifikasi Halal Self Declare--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tim mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam FEB Universitas Jambi (UNJA) angkatan 2021 melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kuliah Kerja Nyata – Tematik (KKN-T) berupa program Desa Laboratorium Terpadu (DLT) dengan tema ‘Perluasan Pasar dengan Legalitas Sertifikasi Halal pada Pelaku Usaha Mikro di Kelurahan Olak Kemang’ yang dilaksanakan di Kelurahan Olak Kemang pada 14 September – 24 Oktober 2023.

Tim yang tergabung dalam kegiatan ini terdiri dari 10 orang yaitu, Abdul Rohman Siddiq, Harsa Mirandi, Muhammad Ananda Saputra, Muhammad Ibnu Syifa, Muhammad Wahyudi, Izhaura Abidah Ardelia Ismanto, Mutiah, Rts. Zakia Marlina, Prima Indah Ningrum, dan Hayla Anisni.

Mahasiswa KKN-T tersebut telah mendampingi proses sertifikasi Halal Self Declare pada 26 pelaku usaha makanan. Sebanyak 10 di antaranya sudah terbit dan 16 lainnya menunggu hasil dari Komite Fatwa untuk dapat diterbitkan sertifikat halalnya.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil (UMK) lokal dalam mengoptimalkan produksi, memasarkan produk mereka, dan memenuhi tuntutan konsumen dengan lebih baik, yang pada gilirannya akan membantu meningkatkan kualitas hidup dan kemakmuran komunitas setempat.

Motivasi awal mereka mengikuti program ini yaitu karena melihat banyaknya pelaku UMK di daerah Jambi Seberang khususnya di Olak Kemang, ini menjadi motivasi mereka dalam membantu menerbitkan sertifikasi halal, membantu packaging produk, dan membantu branding serta marketing kepada usaha yang ada di masyarakat.

Ada pun persiapan yang dilakukan tim sebelum mengikuti kegiatan ini yaitu mengikuti diklat dan pelatihan pendamping sertifikasi halal terlebih dahulu sebagai pembekalan sebelum terjun ke desa. Diklat dan pelatihan pendamping diadakan oleh LPPM dan Pusat Kajian Halal UNJA. Proposal yang mereka ajukan dinyatakan lolos dan mendapatkan pendanaan tepat pada tanggal 20 Agustus.

Hayla Anisni yang merupakan salah satu anggota dari MBKM KKN-T DLT ini mengungkapkan harapannya terhadap program tersebut. “Kami berharap setelah melihat beberapa sertifikat halal pelaku usaha yang sudah terbit, para pelaku usaha mikro lainnya terbuka dan bersedia untuk didampingi pembuatan sertifikasi halal, memperhatikan pentingnya sertifikat halal bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, mendongkrak penjualan produk yang harapannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ungkap Hayla.

Dr. Lucky Enggrani Fitri, S.E., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapangan juga mengharapkan program ini dapat membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. “Alhamdulillah program KKN-T DLT yang dilaksanakan olah mahasiswa kami disambut baik oleh masyarakat dan pelaku usaha yang ada di Kelurahan Olak Kemang. Semoga program ini bisa membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya agar dapat diterima masyarakat lebih luas, meningkatkan kepercayaan konsumen, serta mendongkrak penjualan produk yang harapannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” tutur beliau. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: