FST UIN STS Jambi Luluskan Sarjana Ulama Saintis Perdana, Siapa Dia?

FST UIN STS Jambi Luluskan Sarjana Ulama Saintis Perdana, Siapa Dia?

Dekan FST bersama Mhd. Abror Muzakki Muda--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN STS Jambi patut berbangga diri. Sebagai Fakultas baru di UIN STS Jambi FST bisa menjawab tantangan menghasilkan lulusan yang saintis dan agamis. 

Prestasi membanggakan ini diraih, Mhd. Abror Muzakki Muda, mahasiswa Prodi Fisika angkatan 2020. 

Mengangkat judul skripsi "Kajian Surah Azzariyat pada Fenomen Dinamika Udara". Abror Rabu (24/11) melaksanakan sidang munaqosah, dibawah dewan penguji Vandri Isnaini, M.Si, Iskandar, S.Ag.,M.Pd., M.S.I.,M.H.,Ph.D., Eva Gusmira, M.Si., Tanti, M.Si., dan Firma Jumira, M.Si. 


Mhd. Abror Muzakki Muda saat mempresentasikan skripsi nya--

 Abror mempresentasikan terkait fenomena dinamika udara sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mana Al Qur’an Surah Azzariyat telah menggambarkan dan memberikan peringatan kepada seluruh manusia mengenai kejadian alam yang sangat besar yang disebabkan oleh angin yang bergerak dengan sangat kencang.

Angin yang bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi tersebut akan menghasilkan gaya angkat dan gaya seret atau gaya hambat yang sangat besar, sehingga mampu menerbangkan hingga menggerakkan dengan sangat cepat benda apapun. 

Isyarat surah Az Zahriyat telah teruji kebenaran dalam perkembangan sains dan teknologi, misalnya dalam penggunaan pesawat terbang, anomaly cuaca, energi terbarukan. 

Dihari yang sama, Abror juga mengikuti test kemampuan dua Bahasa yaitu Bahasa inggris dan Arab langsung oleh Erwin, SPd, M.Ed dan Izzat, Lc, MA dari Unit Pengembangan Bahasa UIN STS Jambi yang hasilnya menyatakan Abror mengusai secara aktif 2 bahasa yaitu Bahasa Arab dan Inggris, meraih Predikat Magna Cumlaude dengan IPK 3.99.


Foto Bersama--

"Kita sangat berbangga karena ini adalah mahasiswa berprestasi yang memenuhi profil lulusan Sarjana Ulama Saintis yang Perdana dari penerapan paradigma transintegrasi ilmu di FST. Bukan hanya itu, Mhd. Abror Muzakki Muda juga seorang Hafidz Qur’an," jelas Dekan FST UIN STS Jambi, Iskandar, S.Ag.,M.Pd.,M.S.I., M.H., Ph.D.

Rektor UIN STS Jambi, Prof. H. Abu Rokhmat, M.Ag mengucapkan selamat dan sukses kepada suadara Mhd Abror Muzakki Muda mahasiswa Fisika yang dinyatakan sebagai lulusan tercepat 3 tahun 3 bulan dan memiliki kemampuan 2 bahasa serta seorang yang hafidz Qur’an yang  telah mempertahankan Sikripsi yang terkait dengan kajian Sains berbasis Al Qur’an.

"Ini satu kebanggaan buat UIN STS Jambi, dimana FST UIN STS Jambi dapat melahirkan Ahli Sains dan Ahli Agama secara bersamaan, untuk itu kita akan beri aprsesisasi atas prestasi ini," kata Rektor UIN STS Jambi. 

Ditambahkannya, dirinya juga berharap Abror bisa melanjutkan studi yang pastinya dengan beasiswa dari UIN STS Jambi sehingga akan kembali kekampus sebagai dosen UIN STS Jambi. 

Saat ini, Mhd Abror Muzzakki Muda mendapatkan amanah sebagai Ketua Program Kader Ulama Saintis yang terdiri dari 40 mahasiswa dan mahasiswi pilihan dari 7 Program Studi (Sistem Informasi, Kimia, Fisika, Biologi, Sains Geografi, Statistik & Arsitektur). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: