Sebentar Lagi UIN Jambi Punya Fakultas Kedokteran, Berikut Update Terkini

Sebentar Lagi UIN Jambi Punya Fakultas Kedokteran, Berikut Update Terkini

Gedung Rektorat UIN STS Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Mimpi besar UIN Jambi untuk memiliki Fakultas Kedoteran sudah mulai nyata dengan keluarnya Rekomendasi Pembukaan Program Studi Kedokteran.

Rekomendasi itu nomor KI.02.01/01/KKI/IV/996/2023 tanggal 27 April 2023 oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Keluarnya rekomendasi ini setelah KKI melakukan visitasi pada 16 Januari dan 14 April yang lalu.

Setelah mengeluarkan surat rekomendasi, KKI melakukan pembinaan dan pengawasan sesuai Perkonsil no.15 tahun 2013 tentang Penerbitan Rekomendasi Pembukaan dan Penutupan Program Studi Dokter. 

Dengan pembinaan dan pengawasan dari KKI, Fakultas UIN STS Jambi akhirnya mencapai babak akhir.

Dengan hadirnya tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ke UIN Jambi, bersama Kemenkes RI, KKI, LAM-PTKes, AIPKI, ARSPI dan Rombongan lainnya.

Kunjungan ini sebagai visitasi melihat persiapan dengan berbagai fasilitas pendukung dalam proses perkuliahan Fakultas Kedokteran UIN STS Jambi dengan Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter.

Rektor UIN STS Jambi sebelumnya, Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D., mengungkapkan berbagai proses yang dilalui UIN STS Jambi untuk sampai ke babak akhir pembukaan Fakultas Kedokteran UIN STS Jambi bukanlah hal yang mudah.

Tetapi semua ini didorong dengan kerjasama yang baik dan pastinya ingin mewujudkan mimpi masyarakat Jambi dalam mendorong peningkatan SDM Jambi.

Pada visitasi 3 Oktober yang lalu, Kemendikbudristek melakukan evaluasi baik dari Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana hingga kurikulum yang akan di gunakan pada Fakultas Kedokteran UIN STS Jambi.

Setelah melalui proses visitasi, saat ini Fakultas Kedokteran UIN STS Jambi tinggal menunggu hasil pleno dari Kemendikbudristek dimana hasil dari pleno akan menentukan apakah semua sudah sesuai atau masih ada yang perlu diperbaiki.

Digadang – gadang menjadi Fakultas kedokteran pertama di Sumatera dan ke empat di bawah PTKIN, setelah sebelumnya dibuka UIN Jakarta, UIN Malang, UIN Makassar dan ke empat UIN Jambi.

Pendirian Fakultas Kedokteran UIN STS Jambi merupakan salah satu misi UIN STS Jambi untuk mencetak ulama yang saintis dan saintis yang ulama dengan mengamalkan paradigm transintegrasi ilmu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: