>

Enam Guru Besar Baru UNJA Sampaikan Orasi Ilmiah di Acara Pengukuhan

Enam Guru Besar Baru UNJA Sampaikan Orasi Ilmiah di Acara Pengukuhan

Enam Guru Besar Baru UNJA Sampaikan Orasi Ilmiah di Acara Pengukuhan--

JAMBI, JAMBIEKSPRE.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) kembali mengukuhkan 6 guru besar yang secara resmi mendapatkan SK Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen. Pengukuhan dilaksanakan di Balairung Pinang Masak UNJA Mendalo, pada senin (30/10/2023).

Pengukuhan ini merupakan periode ke -3 dari 3 periode pengukuhan Guru Besar baru UNJA. Periode pertama telah di lakukan pada 25 oktober 2023. Periode kedua telah dilakukan pada 26 Oktober 2023.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Senat UNJA, Prof. Dr. Syamsurijal Tan, S.E., M.A. Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si. beserta sejumlah anggota senat serta undangan lainnya.

Enam Guru Besar baru tersebut berasal dari 4 Fakultas, dengan rincian 2 Guru Besar dari Fakultas Pertanian (Faperta), 2 Guru Besar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 1 Guru Besar dari Fakultas Peternakan (Fapet) dan 1 Guru Besar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Berikut nama-nama Guru Besar yang dikukuhkan pada periode ketiga:

– Prof. Dr. Ir. Aswandi, M.Si. (Fakultas Pertanian)

– Prof.Dr. Ir. Edison, M.Sc. (Fakultas Pertanian)

– Prof. Dr. Afrizal, S.E.,M.Si.,Ak.,C.A. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

– Prof. Dr. Yulmardi, S.E., M.S. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

– Prof. Dr. Ir. Afzalani, M.P. (Fakultas Peternakan)

– Prof. Dr. Supian, S.Ag, M.Ag. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

Pada kegiatan ini Rektor UNJA mengukuhkan secara resmi 6 guru besar UNJA dengan simbolis pemasangan atribut guru besar. Setelah pemasangan atribut selesai dilaksanakan, 6 guru besar tersebut secara bergantian menyampaikan orasi ilmiah di hadapan seluruh pimpinan UNJA dan tamu undangan yang hadir.

Ketua Senat UNJA, Prof. Dr. Syamsurijal Tan, S.E., M.A. menyampaikan tanggapan dan harapannya terkait 19 Guru Besar yang telah dikukuhkan. Ia menyebutkan Guru Besar itu merupakan karier tertinggi dari pada seorang dosen sedangkan jabatan lain itu adalah bonus. Namun Guru Besar atau profesor itu karier yang harus ditempuh seorang dosen dari awal sampai karir tertinggi. "Dalam Universitas Jambi ini juga merupakan salah satu indikator kemajuan dari UNJA, kita tahu bahwa tahun 2023 terjadi suatu peningkatan Guru Besar yang sangat signifikan, dalam tiga hari ini kita mengukuhkan 19 Profesor, ini artinya UNJA makin maju UNJA menuju Smart University makin lama makin terwujud, mudah-mudahan Guru Besar yang sudah dilantik dapat berkontribusi memajukan UNJA,” ujarnya.

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., menyampaikan ucapan selamat dan harapannya atas Guru Besar yang telah dikukuhkan pada periode ketiga ini. “Pada hari ini genap 19 guru besar telah di kukuhkan di Universitas Jambi untuk itu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi UNJA dengan bertambahnya Guru Besar ini semakin memperkuat institusi dalam mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk itu UNJA berharap kepada Guru Besar yang telah dikukuhkan dapat memberikan kontribusinya bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengabdiannya pada lingkungan sekitar terutama bermanfaat pada masyarakat Jambi. Selamat atas capaian ini dan semoga dengan adanya guru besar ini tentunya dapat menambah kuantitas dan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi,” ungkap Prof. Kamid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: