>

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Dorong Pemanfaatan Bandara Kertajati

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Dorong Pemanfaatan Bandara Kertajati

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Dorong Pemanfaatan Bandara Kertajati-Instagram @budikaryas-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.cO.ID- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mendorong masyarakat di Jawa Barat untuk memanfaatkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sebagai alternatif tempat berpergian.

Salah satu alasan utama adalah harga tiket pesawat yang lebih terjangkau dibandingkan dengan bandara lainnya.

Budi Karya Sumadi mengungkapkan pandangan ini setelah mengunjungi langsung BIJB Kertajati dan menyaksikan aktivitas penerbangan komersial yang kini melayani tujuh rute domestik.

Menurutnya, harga tiket pesawat di BIJB Kertajati dapat menjadi lebih terjangkau karena adanya insentif dalam bentuk penurunan biaya pendaratan (landing fee) bagi maskapai yang beroperasi di bandara tersebut.

Contohnya, tiket pesawat dari Bandara Kertajati ke Denpasar, Bali, ditawarkan dengan harga yang lebih rendah.

Budi Karya Sumadi menjelaskan, "Tarif ke Bali itu cuman Rp600 ribu-Rp700 ribu, itu bukan lagi insentif. Orang Bandung bisa foya-foya. Kalau dari Jakarta bisa Rp1,4 juta. Diskon 50 persen."

Selain penurunan harga tiket, pihak Kementerian Perhubungan juga telah berupaya mendorong maskapai seperti Garuda Indonesia, Citylink, Lion Air, Batik Air, dan AirAsia untuk memberikan penawaran tiket khusus kepada penumpang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat keterisian pesawat di BIJB Kertajati.

Ia menjelaskan bahwa potongan harga tersebut berlaku untuk semua rute penerbangan domestik di BIJB Kertajati yang saat ini beroperasi penuh.

Selain itu, pihaknya juga telah meminta kepada maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citylink, Lion Air, Batik Air, dan AirAsia untuk memberikan tiket khusus bagi penumpang sehingga tingkat keterisian pesawat di BIJB Kertajati semakin tinggi.

Budi mengungkapkan ada satu konsep crowd-create-crowd, jadi keramaian itu menarik jumlah. Lebih lanjut, Menteri Budi menyampaikan bahwa ada permintaan dari luar negeri untuk membuka destinasi penerbangan ke Bandara Kertajati. Hal ini menunjukkan bahwa prospek ekonomi BIJB Kertajati semakin cerah ke depannya.

 "Banyak sekali permintaan luar negeri untuk datang ke sini. Saya waktu roadshow ke Arab Saudi, Dubai, Malaysia, dan India, mereka sangat tertarik untuk menjadikan destinasi melalui Jawa Barat,"jelasnya.

Dengan berbagai inisiatif dan potensi pengembangan yang ada, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati berpotensi menjadi alternatif yang menarik dan terjangkau bagi masyarakat yang berencana bepergian.

Kini, dengan penawaran harga tiket pesawat yang lebih terjangkau, bandara ini dapat menjadi salah satu pilihan favorit bagi wisatawan dan pelancong. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: