Dukung Kinerja APBN Bulan September, Ekonomi Jambi Tumbuh 4,86 Persen

Dukung Kinerja APBN Bulan September, Ekonomi Jambi Tumbuh 4,86 Persen

Dukung Kinerja APBN Bulan September, Ekonomi Jambi Tumbuh 4,86 Persen --

Akan tetapi, pada masa pandemi Covid-19, hampir seluruh Kabupaten/Kota mengalami kesulitan baik dalam meningkatkan aktivitas ekonomi, ekspor, hingga ketimpangan fiskal juga merangkak naik.

“Dari sisi indikator inflasi gabungan Provinsi Jambi bulan September 2023 berada di angka 0,41% (mtm) dan 1,70% (yoy) berada di bawah inflasi nasional sebesar 2,28%. Tingkat inflasi bulanan September mengalami penurunan baik yoy, maupun mtm dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dipengaruhi adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh indeks harga pada tiga kelompok pengeluaran,” lanjut Burhani.

Neraca Perdagangan (NP) Jambi hingga September 2023 terdiri atas nilai devisa ekspor sebesar USD 919,60 Juta dan devisa impor sebesar USD 55,69 Juta.

Kinerja impor dan ekspor sampai dengan September 2023 terus menunjukkan tren positif. Pada sisi ekspor, sektor Pertambangan dan Penggalian mengalami pertumbuhan positif tertinggi 13,65% (ytd) yaitu batu bara dan geragai crude oil.

Sedangkan pada sisi impor, sektor Angkutan Laut Sungai dan Udara mengalami pertumbuhan positif impor tertinggi 628,64% (yoy) dengan kontribusi utama alat untuk kapal laut dan aksesorisnya.

Memasuki penghujung tahun 2023, APBN masih terus berkomitmen dalam perannya mendukung momentum pemulihan ekonomi dan melindungi kesejahteraan masyarakat.

Dengan situasi global yang cukup dinamis dan menantang, aktivitas ekonomi Indonesia masih terjaga walaupun tetap harus mewaspadai dampak perlambatan ekonomi global dan eskalasi geopolitik.

APBN sebagai motor penggerak sekaligus alat pengaman diharapkan dapat tetap solid menjaga stabilitas ekonomi, melindungi serta memberi manfaat bagi masyarakat.

Perwakilan Kementerian Keuangan Jambi sebagai pengelola APBN di Provinsi Jambi akan terus berupaya untuk mengoptimalkan pelaksanaan APBN agar dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: