Jarak Tempuh Balikpapan-IKN Hanya 30 Menit, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Jarak Tempuh Balikpapan-IKN Hanya 30 Menit, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Jarak Tempuh Balikpapan-IKN Hanya 30 Menit, Konektivitas Pendukung Menuju IKN--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jalan Tol Balikpapan - Samarinda menjadi bagian dari jaringan jalan bebas hambatan menuju kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jalan Tol ini merupakan Jalan Tol pertama sepanjang 97,3 Km yang di bangun di Pulau Kalimantan.

Jalan Tol Balikpapan - Samarinda diibaratkan sebagai wajah infrastruktur jalan IKN Nusantara yang yang mengusung konsep Smart Forest City.

Selain itu Jalan Tol Balikpapan - Samarinda juga akan terhubung langsung dengan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dan tentunya mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya sekitar 30 menit.

Jalan Tol yang berada di wilayah Kalimantan Timur ini memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju Samarinda atau sebaliknya kini hanya membutuhkan waktu tempuh 1,5 jam lebih cepat apabila melalui akses non tol.

Jalan Tol Balikpapan - Samarinda melewati Kawasan Tahura Bukit Soeharto yang merupakan taman hutan raya terletak di Kabupaten Kutai Kartenegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur juga melewati Hutan Lindung Sungai Manggar.

Jalan Tol ini memiliki 5 Seksi diantaranya, Seksi 1 & 5 ruas Balikpapan - Samboja sepanjang 32,40 Km dan merupakan dukungan Pemerintah.

Seksi 2,3, dan 4 ruas Samboja - Samarinda sepanjang 64,87 Km porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasa Marga Balikpapan - Samarinda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: