Berikut 6 Tips Aman Beraktivitas Sehari-Hari Saat Kabut Asap

Berikut 6 Tips Aman Beraktivitas Sehari-Hari Saat Kabut Asap

Kabut asap di Kota Jambi semakin pekat pada Rabu, 18 Oktober 2023-Setya Novanto/Jambi Ekspres-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali menggangu aktivitas di Provinsi Jambi.

Akibat kabut asap ini, sekolah-sekolah di Provinsi Jambi terpaksa dilakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring

Data terbaru dari Indonesia Indeks Kualitas Udara (AQI) tingkat polusi udara terkhusus Provinsi Jambi 185 PM2.5 termasuk dalam status UNHEALTHY ( tidak sehat).

Bagaimana agar tetap bisa melakukan aktivitas sehari-sehari secara aman saat musim asap? berikut 5 tips khusus:

1. Mengurangi Aktivitas di Luar Rumah

Meninjau dampak dari kabut asap, jika memungkinkan tetaplah berada di dalam rumah untuk mengurangi resiko akibat polusi udara atau kabut asap.

Ini sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki gangguan pernapasan atau penyakit jantung. Meski demikian, orang sehat sekalipun juga dapat terkena dampaknya.

Mengingat kepekatan kabut asap bisa berbeda setiap harinya dan dengan cepat menyebar, baiknya lakukan pengecekan kualitas udara secara berkala melalui aplikasi atau laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

2. Memakai Masker

Saat ingin pergi keluar rumah pastikan memakai masker, ini dilakukan agar terhindar dari penyakit salah satunya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

3. Minum Air Putih

Asupan air yang cukup berperan penting dalam menunjang kinerja organ tubuh. Tak hanya menghilangkan rasa haus, air putih juga membantu mengatasi dehidrasi, mengalirkan nutrisi penting hingga membantu melembapkan kulit.

Saat ada paparan asap, tubuh secara tidak langsung terpapar racun, kotoran juga polutan lain. Air putih membantu mekanisme pembuangan kotoran dan racun yang masuk ke tubuh.

4. Kurangi Membakar Sampah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: