Kemarin 2 Pesawat Berputar-putar di Langit Jambi Susah Mendarat, Hari Ini Landasan Becek

Kemarin 2 Pesawat Berputar-putar di Langit Jambi Susah Mendarat, Hari Ini Landasan Becek

Kondisi di Bandara Sultan Thaha Jambi siang ini mulai basah karena Kota Jambi diguyur hujan ringan-Foto: Dona Piscesika/Jambi Ekspres-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Kabut asap yang kian parah telah menganggu penerbangan di bandara Sultan Thaha Jambi. Kemarin Rabu 13 Oktober 2023 terdapat 2 pesawat yang berputar-putar di langit Jambi karena susah mendarat.
 
Pesawat Lion Air yang seharusnya tiba sekitar pukul 10.10 WIB  sempat berputar-putar di udara mencari celah pendaratan selama hampir satu jam.

Namun  karena jarak pandang yang sangat pendek membuat Pilot pesawat Lion Air JT 604 memutuskan membawa semua penumpangnya kembali ke Bandara Soekarno Hatta.

General Manager bandara Sultan Thaha Jambi, Siswanto mengatakan keputusan Pilot Lion Air telah tepat karena telah sesuai dengan prosedur yang berlaku terutama terkait keselamatan penerbangan.

Tak lama kemudian, pesawat Garuda Indonesia juga mengalami kendala yang sama, sulit mendarat.

Take off pesawat Garuda yang seharusnya dilakukan pukul 10.15 harus tertunda, sang pilot memutuskan untuk bertahan di langit Jambi, berputar sebanyak 11 kali hingga akhirnya mendapat celah melakukan pendaratan di bandara Sultan Thaha sekitar satu jam kemudian.

Dijelaskan Siswanto, jarak pandang di sekitar bandara Jambi pagi Rabu sangat pendek, hanya 600 meter, jarak yang tidak aman untuk pendaratan pesawat, namun menjelang pukul 12, jarak pandang kembali membaik menjadi 2.000 meter dan aman untuk pendaratan.  

Kejadian pada Rabu, ternyata berbanding terbalik dengan apa yang terjadi pada hari ini, Kamis 19 Oktober 2023, dimana cuaca Jambi terjadi hujan sehingga membuat kabut asap menipis dan landasan pacu bandara Sultan Thaha Jambi menjadi becek.

Prakiraan cuaca BMKG merilis bahwa di siang hari dalam Kota Jambi pada Kamis ini akan terjadi hujan ringan namun suhu masih cukup panas sekitar 33 Celcius dan kelembapannya 50 persen.

Pukul 16:00 WIB diperkirakan di Kota Jambi masih asap dengan kecepatan angin sekitar 10 km/jam dan kelembapan udaranya sekitar 65 persen dari timur laut.

BACA JUGA:Entah Apa yang Merasuki Kapolsek Ini Sampai Bawa Tahanan 'Jalan-jalan' ke Kebun Sawit

Sementara pada pukul 19.00 WIB malam nanti Kota Jambi dan sekitarnya diperkirakan asap kembali dengan suhu 25 derajat celcius  kecepatan angin 0 km per jam dan kelembapan 85 persen.

Dan pukul 22.00 WIB  di Kota Jambi dan sekitarnya akan terjadi hujan ringan dengan suhu 24 derajat celcius  kecepatan angin 0 km per jam ddan keloembapan 90 persen.

BACA JUGA:Viral Bos AirAsia Upload Foto Rapat Sambil Dipijat Perempuan Lalu Sebut Cinta Budaya Indonesia

Hingga berita ini ditulis pukul 15.22 WIB, beberapa area di Kota Jambi sudah tidak lagi hujan namun langit masih gelap dan bunyi gemuruh di beberapa titik lokasi.

Provinsi Jambi hingga saat ini memang masih dihantui oleh bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Tak hanya menganggu penerbangan, namun aktivitas Pendidikan ikut terhambat, telah dua kali pemerintah Jambi meliburkan sekolah dan hanya melaksanakan Pendidikan jarak jauh secara daring.

BACA JUGA:Ada Hujan Ada Asap, Berikut Prakiraan Cuaca 11 Daerah di Provinsi Jambi Kamis 19 Oktober 2023

Bahkan sejak Rabu, sekolah kembali diliburkan hingga batas yang belum ditentukan.

Kondisi udara yang buruk di Jambi ditakutkan akan mengancam kesehatan warga Jambi.

Pemerintah juga telah menghimbau masyarakat untuk tetap menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: