Luar Biasa ! SMAN 8 Merangin Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dari Menteri KLHK dan Mendikbud RI

Luar Biasa ! SMAN 8 Merangin Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dari Menteri KLHK dan Mendikbud RI

SMAN 8 Merangin Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dari Menteri KLHK dan Mendikbud RI--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Prestasi membanggakan ditorehkan oleh SMAN 8 Merangin untuk Provinsi Jambi. Berkat langkah kreatif mengelola limbah dan menjaga lingkungan, sekolah ini diganjar menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional.

Penghargaan ini ditandatangani langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Burbaya Bakar bersama Mendikbud RI Nadiem Makarim. Diserahkan pada Selasa (17/10/2023) di Auditorium Dr.Ir.Soedjarwo, Gedung Manggala Wababakti, Jakarta Pusat. 

Dari Provinsi Jambi hadir langsung Kepala SMAN 8 Ade Erma Suryani. Dan turut didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Dr.Varial Adhi Putra.

Varial menyatakan, SMAN 8 Merangin berhasil memenuhi kriteria tertinggi pengargaan ini, seperti menunjukan pengelolaan limbah yang sudah baik di lingkungannya. 

"Seperti sampah dan daun dibuat menjadi kompos dan pupuk. Ini poin tertinggi yang mereka lakukan dan dinilai KLHK," sebutnya.

"Selain itu, sekolah ini peduli dengan lingkungan sekitar, pohon yang ada disekolah dirawat dengan baik," akunya.

Selain itu, SMAN 8 juga telah melakukan hal pendukung lainnya. "Seperti mengedukasi kepada siswa yang ada untuk menjaga dan melestarikan lingkungan merupakan hal yang wajib dan dampak positif terhadap lingkungan sekitar," ucap Varial.

Dengan penghargaan ini SMAN 8 Merangin menjadi Sekolah terdepan di Indonesia dalam hal kelestarian lingkungan hidup. Dari keseluruhan 517 sekolah pemenang penghargaan Adiwiyata Nasional ini, SMAN 8 menempati peringkat 47.

Adapun Sekolah Adiwiyata ini sendiri merupakan predikat bagi sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program Adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekokah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh. (aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: