Bermanfaat! dr.Deri Mulyadi Edukasi Pentingnya Kesehatan Tulang ke Masyarakat Kayu Aro Barat

Bermanfaat! dr.Deri Mulyadi Edukasi Pentingnya Kesehatan Tulang ke Masyarakat Kayu Aro Barat

dr.Deri Mulyadi Edukasi Pentingnya Kesehatan Tulang ke Masyarakat Kayu Aro Bara--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dokter spesialis bedah tulang (ortopedi) kondang  Dr. dr. H. Deri Mulyadi. SH. MH. Kes, M. Kes. Sp. OT (K) mengedukasi pentingnya pengetahuan kesehatan tulang ke masyarakat beberapa desa di Kecamatan Kayu Aro Barat, Minggu (8/10).

Edukasi (pengetahuan) tulang dan sendi yang diberikan ini sangat penting, mengingat pentingnya kesehatan tulang untuk hari tua. Apalagi ilmu itu datang dari orang yang sangat kompeten dibidangnya seperti dr.Deri.

Kegiatan ini bertemakan senam bersama.a dan penyuluhan cegah cedera olahraga. Dilakukan pada pukul 07.00 WIB, diawali 

Menurut pria yang pernah menjabat Ketua Ikatan Dokter Indonesia Provinsi Jambi ini,  senam sangat baik untuk kepadatan tulang dan lutut bagi ibu-ibu. Apalagi umumnya ibu-ibu masih belum menyadari.

"Seiring waktu, kepadatan tulang akan menurun karena faktor usia. Melalui olahraga atau senam yang dilakukan rutin, insya allah itu salah satu faktor memperpanjang kepadatan tulang," katanya.

Pada hari yang sama, kegiatan beranjak dari gedung hall desa, ke gedung posyandu. Selanjutnya kegiatan penyuluhan senam dan pencegahan cedera olahraga. Penyuluhan dihadiri Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkantibmas.

"Kehadiran kami mesti dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, pengetahuan tentang kesehatan tulang harus ditingkatkan. Kami berharap kehadiran puskesmas untuk hadir, agar kasus-kasus tulang yang kami temukan dalam kegiatan ini, dapat direkomendasikan ke puskesmas untuk penanganan lebih lanjut," kata pria yang digadang-gadang akan maju di Pilbup Kerinci ini.

“Kalau kami kan tim lepas, membantu pengobatan dan memberikan solusi, akhir muara dari solusi tersebut di puskesmas. Sebab ada kasus-kasus tertentu dan memang dokter biasa tidak mengerti, tidak sebatas memberi obat dan rujukan," sambungnya.

“Makanya kami berharap, kegiatan ini tidak berdiri sendiri, melainkan bekerjasama dengan puskesmas. Supaya masyarakat mengerti, seperti tadi ada kasus, dia habis patah tapi tidak mengerti harus bagaimana dan mau kemana. Melalui kegiatan ini, kita berikan konsultasi, pemeriksaan, dan solusi. Kondisi hari ini, jadi catatanlah untuk saya kedepannya," ucap Deri.

Sebelumnya, Kepala Desa Sako Dua tempat berlangsungnya acara ini terlihat ikut sebagai peserta senam meskipun sudah tidak muda lagi, tetapi semangat yang dimiliki seakan-akan merasa masih muda. Raut muka bahagia berulangkali menghiasi wajahnya.

“Senam ini, merupakan agenda rutin ibu-ibu di desa sako dua, dan rata-rata desa-desa dalam kecamatan kayu aro baratpun melakukannya. Akan tetapi senam yang dilakukan hari ini terasa berbeda dan lebih bermakna, disamping kedatangan peserta senam dari beberapa desa salah satunya desa pasar minggu. Kami kedatangan dokter spesialis tulang, yang menjelaskan langsung manfaat senam bagi kesehatan tulang," pungkasnya. (aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: