Asian Games 2023, Wakil ASEAN Tinggal Timnas Indonesia U-24 dan Myanmar

Asian Games 2023, Wakil ASEAN Tinggal Timnas Indonesia U-24 dan Myanmar

Asian Games 2023, Wakil ASEAN Tinggal Timnas Indonesia U-24 dan Myanmar--

HANGZHOU, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Dalam ajang Asian Games, perwakilan dari ASEAN semakin menyusut.

Terbaru, Thailand menjadi negara ASEAN yang tersingkir setelah kalah dengan skor 0-2 dari Iran pada babak 16 besar, Rabu 27 September 2023.

Tersingkirnya Thailand ini menyusul Vietnam yang sebelumnya juga tereliminasi. Kekalahan Thailand membuat mereka bergabung dengan Vietnam dalam daftar negara ASEAN yang sudah tersingkir dari Asian Games.

Vietnam tidak berhasil melaju ke babak 16 besar karena kalah bersaing dengan Iran, Arab Saudi, dan tidak berhasil masuk ke zona empat besar dalam klasemen peringkat tiga terbaik.

Saat ini, satu-satunya harapan ASEAN yang tersisa untuk meraih prestasi di Asian Games adalah Timnas Indonesia U-24 dan Myanmar.

Kedua tim ini akan menghadapi lawan-lawan yang kuat yang telah lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup. Timnas Indonesia U-24 akan berhadapan dengan Uzbekistan, yang menjadi juara grup C setelah dua kali mengalahkan Hong Kong. Uzbekistan memenangkan pertemuan pertama dengan skor 1-0 dan juga unggul di duel kedua dengan skor 2-1. Di sisi lain, Myanmar akan berduel dengan Jepang. Jepang berhasil melaju ke babak 16 besar dengan mencatatkan dua kemenangan, yaitu 3-1 melawan Qatar dan 1-0 melawan Palestina.

Berdasarkan performa di Asian Games ini, terlihat bahwa tim-tim dari Asia Tenggara masih tertinggal dan mengalami kesulitan untuk bersaing di level elite Asia. Selama berlangsungnya Asian Games, belum ada tim dari Asia Tenggara yang berhasil meraih medali emas.

Prestasi terbaik yang pernah dicapai oleh tim ASEAN adalah meraih medali perunggu, yang berhasil diraih oleh Indonesia dan Malaysia. Pada edisi Asian Games empat tahun yang lalu, Vietnam mencapai pencapaian terbaik dengan lolos ke semifinal, meskipun akhirnya gagal meraih medali.

Dengan tersingkirnya Thailand dan Vietnam, tekanan dan harapan kini berada pada pundak Timnas Indonesia U-24 dan Myanmar untuk mewakili ASEAN dan berusaha meraih prestasi di Asian Games ini.

Kita akan melihat apakah kedua tim ini dapat melangkah lebih jauh dalam kompetisi dan memberikan kebanggaan bagi ASEAN. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: