Jalan Tol Beroperasi Sepanjang 2.760 Km, Berikut Beragam Jalan Tol Layang di Indonesia

Jalan Tol Beroperasi Sepanjang 2.760 Km, Berikut Beragam Jalan Tol Layang di Indonesia

Jalan Tol Beroperasi Sepanjang 2.760 Km, Berikut Beragam Jalan Tol Layang di Indonesia--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sampai saat ini Jalan Tol di Indonesia sudah beroperasi sekitar 2.760 Km.

Jalan tol yang sudah beroperasi tersebut  terbagi pada konstruksinya diatas tanah atau timbunan serta konstruksi dengan struktur elevated atau layang juga bahkan dengan tiang pancang. 

Berikut deretan beberapa Jalan Tol yang dibangun dengan konstruksi elevated maupun tiang pancang, baik yang dibangun diatas Jalan Tol beroperasi, diatas tanah langsung, serta diatas air.

1. Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR)

Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) merupakan Jalan Tol dengan konstruksi layang yang ada di Kota Bogor, diharapkan dapat menjadi akses pendukung kegiatan ekonomi masyarakat Bogor dan sekitarnya. 

Jalan Tol ini beroperasi sejak tahun 2009 yang saat ini sudah beroperasi dari Sentul Selatan hingga Simpang Semplak yang juga menjadi akses pendukung kegiatan industri dan logistik yang semakin memberikan peningkatan di sektor perekonomian daerah Jawa Barat dan sekitarnya.

2. Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed membentang sepanjang 38 Km dan telah beroperasi pada 12 Desember 2019 yang dibangun diatas Jalan Tol Jakarta - Cikampek existing yang telah beroperasi sejak lama (tujuan jarak pendek) untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan yang berasal dari wilayah Jabodetabek untuk menuju ruas tol di Jawa Barat dan Jalan Tol Trans Jawa.

Jalan Tol layang ini merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia yang membentang panjang dari wilayah Junction Cikunir hingga Karawang Barat.

3. Jalan Tol Bali Mandara 

Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 10,7 Km yang dibangun di Pulau Bali telah beroperasi sejak tahun 2013 lalu. Jalan tol ini dibangun untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang menuju wilayah Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Jalan Tol ini dibangun diatas laut dan menjadi yang pertama di Indonesia serta menggunakan pondasi tiang pancang yang berjumlah hampir 14.000 ribu titik pancang. Jalan Tol Bali Mandara menyuguhkan pemandangan indah ketika berkendara yang didesain dengan menjaga estetika, keindahan arsitekturnya, dan ornamen budaya khas Bali.

4. Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kp. Melayu 

Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kp. Melayu yang dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi sampai wilayah Kampung Melayu dengan total panjang 15,28 Km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: