Komitmen di Bidang Kesehatan, SKK Migas-PetroChina Dukung Program Pengentasan Stunting di Tanjabbar

Komitmen di Bidang Kesehatan, SKK Migas-PetroChina Dukung Program Pengentasan Stunting di Tanjabbar

Komitmen di Bidang Kesehatan, SKK Migas-PetroChina Dukung Program Pengentasan Stunting di Tanjabbar--

KUALATUNGKAL, JAMBIEKSPRES.CO.ID- SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL), terus berkomitmen dan melanjutkan dukungannya dalam bidang Kesehatan di Kabupaten Tanjabbar.

Kali ini,  SKK Migas-PetroChina kembali mendukung program pengentasan stunting.

Dukungan SKK Migas-PetroChina ini dinyatakan dengan adanya Penandatangan Kerja Sama (PKS) antara SKK Migas- PetroChina bersama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat yakni Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, pada Senin (18/9/23).

Penandatanganan PKS tersebut berlangsung di Ruang Pertemuan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), Provinsi Jambi. Kegiatan PKS dihadiri oleh Act. Communication Manager PetroChina Jabung (Afdal), Government and Relations Superintendent PetroChina Jabung (Saipul), Acting Community Development (M Yusuf), Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (H. Agus Sanusi), KABAG Kerja Sama SETDA  Tanjung Jabung Barat (Fuziah), KABAG Hukum SETDA Tanjung Jabung Barat (Agus Sumantri), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (H. Dahlan), Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Tanjung Jabung Barat (H. Muhammad Yunus), Staf Ahli, para Asisten, seluruh Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan tamu undangan.

PetroChina dalam Perjanjian Kerja Sama kali ini kembali berkomitmen membantu Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat dalam rangka percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Tanjab Barat. Diketahui bahwa pada tahun sebelumnya, PetroChina telah membuktikan komitmennya dalam penurunan angka stunting dengan memberikan bantuan berupa alat pengukur stunting atau Antropometri Kit, bantuan makanan sehat dan bergizi, hingga sosialisasi dan pelatihan kepada para kader posyandu di Kabupaten Tanjab Barat.

Berkat komitmen SKK Migas- PetroChina, Kabupaten Tanjab Barat diketahui meraih penghargaan sebagai kabupaten terbaik peringkat 1 se-Provinsi Jambi pada penilaian kinerja 8 aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2022. Selain itu, penurunan angka stunting di Kabupaten Tanjab Barat pada 2022 berhasil di angka 9,9 persen lebih rendah dari angka nasional.

Meski demikian, saat ini penurunan angka stunting di tingkat nasional maupun di tingkat  kabupaten masih menjadi fokus pemerintah. Sehingga dalam upaya untuk memerangi masalah stunting, PetroChina sebagai perusahaan minyak dan gas ternama di Indonesia memiliki tanggung jawab terhadap Wilayah Operasi Kerja (WOK) di Kabupaten Tanjab Barat untuk bersama-sama pemerintah memerangi stunting.

Fokus utama program pengentasan stunting kali ini yakni di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Betara Kabupaten Tanjab Barat.

SKK Migas-PetroChina dengan ini menyepakati perjanjian kerja sama yang bertujuan mempercepat penurunan tingkat stunting di wilayah tersebut, dengan memberikan bantuan materi senilai Rp 200.000.000,-.

Bantuan tersebut dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB). Berikut adalah rincian kegiatan yang dilaksanakan dalam kerangka perjanjian:

1. Fasilitasi Kegiatan Sosialisasi HPK (Hari Pertama Kehidupan) dan Demo Masak Makanan Bergizi di Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Kegiatan ini dilakukan di 11 Desa/Kelurahan yang berada di Wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Betara.

2. Orientasi Program GenREAKSI (Generasi Berencana Akselerasi Konvergensi Stunting), hal ini dilakukan sebagai salah satu aspek penting dalam upaya penurunan stunting adalah pendewasaan usia perkawinan anak/remaja. 

3. Bantuan Pengadaan Alat dan Teknologi Tepat Guna (ATTG) dan Biaya Operasional Demo Masak Gizi Seimbang. Hal ini diharap dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan oleh tim DASHAT.

Act. Communication Manager PetroChina Jabung, Afdal, mengatakan bahwa program ini merupakan program dukungan dari PetroChina dan program komitmen PetroChina kepada pemerintah maupun kepada masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang merupakan wilayah operasional PetroChina Jabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: