Akrabkan Lagu Darah ke Generasi Muda, Museum Siginjei Laksanakan Lomba Lagu Daerah Jambi

Akrabkan Lagu Darah ke Generasi Muda, Museum Siginjei Laksanakan Lomba Lagu Daerah Jambi

Penampilan salah seorang peserta lomba--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Museum Siginjei sukses menyelenggarakan Lomba Lagu Daerah Jambi tingkat remaja perorangan Se-Provinsi Jambi yang berlangsung pada Rabu (20/9/2023) di halaman depan Museum Siginjei. Lomba Lagu Daerah Jambi ini merupakan rangkaian kegiatan Kenduri Swarnabumi, yang diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.

Plt. Kasi Bimbingan dan Publikasi Museum Siginjei, Krisviorini, S.Pd mengatakan, lomba menyanyikan lagu daerah Jambi bisa dijadikan salah satu upaya untuk melestarikan dan mengakrabkan lagu-lagu daerah Jambi di masyarakat, khususnya terhadap generasi muda. 

Oleh karena itu Museum Siginjei menilai perlu terus dilaksanakan kegiatan lomba lagu daerah Jambi, sekaligus untuk membangkitkan nilai-nilai budaya daerah dan kesenian Jambi, sehingga masyarakat Jambi ikut merasa memiliki lagu daerah Jambi.  “Harapannya peserta ataupun masyarakat dapat membudayakan keragaman lagu daerah, untuk menjaga budaya daerah dengan terus memberikan motivasi bagi para generasi muda,” katanya.


Dewan juri melakukan penilaian lomba--

Salah satu peran masyarakat, khususnya generasi muda adalah menjaga seni dan budaya warisan leluhur agar kebudayaan khas masyarakat Jambi melalui lagu daerah tetap lestari di era apapun. Termasuk saat ini era modern yang membutuhkan peran serta masyarakat untuk merawatnya sejak dini guna menangkal budaya negatif demi melestarikan budaya leluhur.

Untuk judul lagu daerah yang dibawakan, memiliki ciri khas dan keunikan yang menonjolkan daerah masing-masing peserta dan tidak terikat pada satu lagu saja, sehingga banyak lagu daerah yang ditampilkan saat kegiatan lomba. 

Krisviorini menambahkan, panitia menyediakan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada peserta yang menang. Dari kegiatan ini, dewan juri memilih 6 peserta terbaik untuk menerima hadiah yaitu dari juara 1 hingga juara harapan. Adapun para pemenang yaitu juara 1 diraih oleh Dewi Mora Manalu dari SMAN 12 Merangin, juara 2 diraih oleh M. Rifki R dari SMAN 8 Kota Jambi, dan juara 3 diraih oleh M. Syawal Arsyi dari kategori umum. Sedangkan harapan 1 diraih oleh Naila dari SMKN 2 Kota Jambi, harapan 2 diraih oleh M. Rayza dari kategori umum dan harapan 3 diraih oleh M. Fathurahman dari MAN 2 Muaro Jambi. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: