FST UIN STS Jambi Gelar Silaturahmi Dengan Orang Tua Wali Mahasiswa Baru

FST UIN STS Jambi  Gelar Silaturahmi Dengan Orang Tua Wali Mahasiswa Baru

FST UIN STS Jambi Gelar Silahturahmi Dengan Orang Tua--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berhasil menggelar acara silaturahmi orang tua/ wali mahasiswa baru TA 2023/2024 di Auditorium Prof. DR. H.M. Chatib Quzwain, Jumat (22/9).

Kegiatan bertujuan untuk membangun komunikasi dan silaturahmi  antara pimpinan dan civitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi dengan para orang tua/ wali mahasiswa.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Iskandar, S.Ag.,M.Pd.,M.S.I.,M.H.,Ph.D dihadapan ratusan orang tua wali  dan mahasiswa baru saintek mengucapkan selamat atas keberhasilan putra-putri mereka menjadi bagian dari civitas akademika Fakultas Saintek.

Saintek adalah salah satu fakultas yang sangat diminati di UIN Sutha sebagai Lokomotif Perubahan. Misalnya saja di program Studi Sistem Informasi, yang peminatnya banyak namun daya tampung terbatas, namun juga 6 prodi yang lainnya Kimia, Fisika, Biologi, Sains Informasi Geografi, Statistiak dan Arsitektur juga tidak kalah menarik sebagai pilihan kuliah yang memiliki prospek yang menjajikan kedepan.

Dalam sambutannya menyampaikan sangat bersyukur dan berbangga hati, dan berterima kasih kepada bapak ibu orang tua wali mahasiswa, bahwa pada tahun akademik 2023-2024 Fakultas Sains dan Teknologi mendapat amanat menerima mahasiswa baru sebanyak _+450 Mahasiswa dari 7 Program Studi (Sistem Informasi, Kimia, Fisika, Biologi, Statistika, Sains Informasi Geografi dan Arsitektur).

Lebih lanjut juga disampaikan pula tentang profil Fakultas Sains dan Teknologi, mulai dari Sejarah berdirinya Fakultas sebagai fakultas yang termuda yang memulai tata kelolanya pada Januari 2020 yang menjadi Fakultas Umum yang dimiliki UIN Sulthan Thaha Saifuddin dengan beragam Program Studi yang izin pendirian prodi langsung di bawah Kemendikbud.

Adapun visi dan profil lulusan 7 Program Studi yang mengejewatah Visi Universitas sebagai lokomotif perubahan dengan paradigma transintegrasi ilmu.

Keberadaan Program Studi di bawah Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUTHA memiliki distingsi sangat singnifikan dengan Program Studi yang sama di Perguruan Tinggi Lain. 

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dibawah kepemimpinan Rektor  Prof, Dr. H. Su’aidi, MA.,Ph.D menerap Paradigma Transintegrasi Ilmu yang berorientasiuntuk  melahirkan profil lulusan “Ulama yang Saintis – Saintis yang Ulama”  Untuk Profil Lulusan Saintek yang diinginkan adalah Saintis yang ulama “ Lulusan yang mengusai bidangnya (Prodi) dan melekat pemahaman, praktik dan jati diri berbasis nilai-nilai Islami (Qur’an dan Hadits) secara integral terus menerus.

Lebih lanjut Dekan Saintek menyampaikan bahwa keberadaan mahasiswa Saintek sekarang adalah mayoritas dari SMA dan SMK serta dari MA, yang masih terdapat kekurangan dalam kemampuan Tashsin dan Tahfidz Al Alqur’an yang benar dan ibadah parktis yang merupakan standar yang wajib dimiliki oleh lulusan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, dan ada sedikit sekali mahasiswa dari lulusan pasantren dan madrasah serta SMA yang memiliki kemampuan Tahsin dan hafidz Qur’an. Dengan demikian Fakultas Sains dan Teknologi memiliki Program Rutin  Jum’at Mengaji Membumikan Paradigma Tranintegrasi Ilmu yang diharapkan lahir lulusan yang Saintis yang Ulama. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki Tahsin/ Bacaan Al Qur’an yang benar, sehingga mahasiswa dapat memilki kemampuan Tahfidz Juz’amma/ atau Hafidz Juz 30 serta memiliki kemampuan pengusaaan dan praktik Ibadah Praktis/ Fiqih Ibadah serta mahasiswa didorong untuk belajar Tafsir Al Qurt’an dan Hadits Maudu’I yang terkait perkembangan dan kebutuhan Sains dan Teknologi.

Dihadapan ratusan orang tua/ wali Dekan Saintek menyampaian program membumikan transintegrasi Program ini akan diikuti oleh seluruh mahasiswa Angkatan 2023 untuk mempersiapkan lulusan yang saintis yang ulama, lalu bertanya kepada forum orang tua/wali, apakah bapak/ibu orang tua/wali setuju anak-anak bapak/ibu kami fasilitasi untuk menjadi sarjana saintis yang ulama, dengan bersemangat ratusan orang tua/ wali menyata setuju setuju setuju dan mendukung program Jumat mengaji untuk membentuk jati diri kepribadian muslim yang  berdasarkan Al Qur’an dan Hadist.

Kesempatan untuk silaturahmi ini pun dimanfaatkan oleh para orang tua wali untuk bersiskusi dengan pimpinan fakultas Sains dan Teknologi, salah satu orang tua wali mahasiswa  Bapak Rusdy menyampaikan rasa bangga bahwa anaknya dapat kuliah di Fakutlas Sains dan Teknologi UIN Sutha Jambi.

Padahal anaknya sudah lulus di beberapa  beberapa fakutlas universitas di Bandung, Padang dan Jambi, namun anaknya menjatuhkan pilihan di Program Studi Sistem Informasi Fakutlas Sains dan Teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: