Museum Siginjei Sukses Laksanakan Lomba Tari Kreasi

Museum Siginjei Sukses Laksanakan Lomba Tari Kreasi

Salah satu peserta yang tampil--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Seiring berjalannya waktu, seni juga terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, salah satunya adalah adanya tari kreasi menjadi salah satu bentuk dari perkembangan seni tari.

Tari kreasi merupakan jenis tari yang pada dasarnya koreografi yang digunakan bertolak dari tari tradisional atau pengembangan terhadap pola yang sudah ada sebelumnya. 

Melihat pentingnya keberadaan tari kreasi sebagai bagian dari pengembangan tari rakyat atau tari tradisional, Museum Siginjei melaksanakan lomba tari kreasi tingkat SMA dan Sanggar Umum se-Provinsi Jambi yang berlangsung pada Selasa (19/9/2023) di halaman depan Museum Siginjei. Kegiatan lomba tari kreasi ini merupakan bagian dari Kenduri Swarnabumi dilaksanakan dari tanggal 18 - 23 September 2023.


Dewan juri menyaksikan pertunjuan tari kreas--

Kasubag TU Museum Siginjei, Syafriani mengatakan, lomba tari kreasi dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap seni tari sebagai jati diri bangsa dan menjadi bentuk pembuktian dimasa mendatang agar seni tari tradisi tetap berkembang serta memberikan hiburan yang sehat, edukatif dan bernilai kesejarahan.

Dalam lomba tari kreasi ini grup yang mendaftar yaitu sebanyak 18 grup, namun yang mengikuti lomba yaitu sebanyak 16 grup. “Masing-masing diberikan kesempatan untuk menampilkan tari kreasi terbaik mereka, asalkan bernuansa nilai daerah Jambi. Baik itu dari kostum, gerakan tari, sampai dengan irama musik yang mengiringi tari saat ditampilkan,” katanya.

Untuk diketahui Tari kreasi merupakan hasil inovasi serta pengembangan di dalam seni tari dengan tujuan agar tarian bisa lebih mudah diterima di masyarakat.Rancangan gerakan yang ada di dalam tari kreasi disesuaikan dengan ide sang penata tari. Gerakannya juga tetap menyesuaikan dan memelihara nilai artistik serta karakteristik lincahnya. Tari kreasi biasanya ditampilkan dalam sebuah pertunjukan sebagai penampilan utama yang termasuk ke dalam tari pembuka non formal. 

Dari kegiatan ini, dewan juri memilih 6 grup terbaik untuk menerima hadiah yaitu dari juara 1 hingga juara harapan. Panitia menyediakan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada grup yang menang. Adapun para pemenang yaitu Juara 1 dari SMAN 2 Tanjung Jabung Timur, Juara 2 diraih oleh SMAN 1 Kota Jambi dan Juara 3 diraih oleh SMAN Titian Teras. Sedangkan untuk Juara Harapan 1 diraih oleh Pradana Dance Crew, Juara Harapan 2 diraih oleh MAN 2 Kota Jambi dan Juara Harapan 3 diraih oleh SMAN 3 Kota Jambi. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: