Farmasi Unja Gelar Pelatihan Pembuatan Kosmetik Herbal di Desa Mendalo Indah

Farmasi Unja Gelar Pelatihan Pembuatan Kosmetik Herbal di Desa Mendalo Indah

Tim pengabdian dosen program studi farmasi FKIK Unja--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID –Tim pengabdian dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK Unja), melaksanakan pelatihan pembuatan kosmetik herbal di Desa Mendalo Indah.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai  oleh Elisma, S. Farm., Apt., M.Farm dengan anggota Fathnur Sani K., M.Farm.,Apt. Dr. Drs. Syamsurizal, M, Si, Apt. M. Rifqi Efendi, M. Farm dan dosen prodi farmasi lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu 16 September 2023 lalu, bertempat di rumah warga anggota kelompok Yasinan Annisa di RT 02, Desa Mendalo Indah Kecamatan Jambi Luar Kota.

Desa Mendalo Indah menjadi sasaran pengabdian sebagai wujud kepedulian dosen terhadap masyarakat sekitar kampus Universitas Jambi. Pengabdian dihadiri oleh 50 peserta. Pengabdian ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, dalam mengolah tanaman herbal yang banyak terdapat dilingkungan masyarakat menjadi kosmetik herbal, yang bermanfaat untuk membersihkan, memperbaiki dan mempercantik badan.


Produk kosmetik herbal--

Kosmetik yang dibuat yaitu masker dan lulur dari kopi dan beras. Pembuatan kosmetik herbal ini juga untuk meningkatkan nilai guna dan nilai ekonomi dari tanaman herbal," papar Elisma.

Ketua Yasinan Annisa, Aida Deni, S. Pd. SD mengungkapkan, bahwa ibu-ibu kelompok yasinan sangat antusias dan berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin.

"Dan nantinya dapat dikembangkan menjadi produk yang bernilai komersil," tandas Aida Deni.

Sebagai kenang-kenangan dari tim, diserahkan kosmetik herbal kepada setiap peserta. Tim pengabdian sangat berterima kasih atas dana PNBP yang telah diberikan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi sehingga pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: