Farmasi Unja Gelar Pelatihan Pembuatan Snack Herbal pada Masyarakat SAD Desa Pelempang

Farmasi Unja Gelar Pelatihan Pembuatan Snack Herbal pada Masyarakat SAD Desa Pelempang

Farmasi Unja Gelar Pelatihan Pembuatan Snack Herbal pada Masyarakat SAD Desa Pelempang--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Masyarakat telah menyelenggarakan pelatihan pembuatan snack herbal pada masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Pelempang, Kabupaten Muaro Jambi.

Pelatihan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 26 Agustus 2023 bertempat di Balai Adat RT 10 Dusun Pengeretan, Desa Pelempang, Kecamatan Mestong Muaro Jambi yang dihadiri oleh 33 peserta. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai  oleh apt. Fathnur Sani K., M.Farm., dengan anggota apt. M. Rifqi Efendi, M. Farm; apt. Yuliawati, M.Farm; apt. Puspa Dwi Pratiwi, M. Farm, S.Ci dan Elisma, S. Farm., Apt., M.Farm

Ketua pengabdian apt. Fathnur Sani K., M.Farm., mengatakan bahwa pengabdian ini ditujukan untuk membantu masyarakat Suku Anak Dalam meningkatkan pendapatannya dengan mengolah tanaman herbal menjadi berbagai macam snack herbal. Produk yang didemonstrasikan adalah coklat jahe dan kerupuk jahe. Selain itu juga dilakukan penyuluhan manfaat tumbuhan herbal dan cara memperpanjang masa simpan tanaman herbal melalui pengeringan dan pembuatan serbuk simplisia herbal.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Farmasi sebagai upaya menumbuhkan kepedulian sejak duduk di bangku perkuliahan.

Sementara, Jenang Suku Anak Dalam Rubiyanto mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan ini dan membantu menyediakan berbagai keperluan, baik itu tempat maupun mengkondisikan peserta kegiatan," tandas Rubiyanto

Tim pengabdian sangat berterima kasih atas dana PNBP yang telah diberikan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi sehingga pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik. Pengabdian ini dilaksanakan juga sebagai bentuk penerapan kerjasama dengan Suku Anak Dalam Desa Pelempang sebagai desa binaan Farmasi Universitas Jambi.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: