Gubernur Jambi: Jalan Tol Jambi-Rengat Terkendala Sen, Tol Batas Betung–Tempino Baru 8 Persen

Gubernur Jambi: Jalan Tol Jambi-Rengat Terkendala Sen, Tol Batas Betung–Tempino Baru 8 Persen

TERUS BERPROSES: Proses pengerjaan Tol Jambi-Rengat. Pengerjaan tol ini harus diperjuangkan kaena LMAN belum punya uang untuk membayar pembebasan lahan.--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDJalan tol yang melintasi Jambi belum keseluruhannya terwujud hingga 2024 atau batas periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Kenyataan di lapangan baru 8 persen atau 15 Kilometer yang ditargetkan rampung dari 140-an Kilometer jalan berbayar bebas hambatan yang direncanakan melintasi Provinsi ini.

Usaha keras dan komunikasi perlu dilakukan untuk mendapatkan penuntasan pusat terkait ruas jalan tol yang masih luput pada tahun 2024 ini.

Baru-baru ini, Gubernur Jambi bahkan sudah menyampaikan kendala lahan tol Jambi – Rengat kepada Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.

“Namun untuk Jalan Tol Jambi-Rengat, saat ini Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) belum punya uang untuk membayar pembebasan lahan tersebut,” ungkapnya.

Al Haris bahkan tak malu menyampaikan kepada Menteri ATR/BPN agar jika bisa dibantu bisik-bisik ke Kemenkeu agar pembebasan lahan tersebut dapat segera dibayarkan.

“Pak Menteri, mohon kalau bisa bisik-bisik ke Kemenkeu agar pembangunan jalan tol ini dapat berjalan lancar,” tambahnya.

Kepada Jambi Ekspres Al Haris mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi untuk pembangunan Jalan Tol Jambi-Rengat telah menyelesaikan tugasnya yaitu terkait dengan penetapan lokasi dan pembebasan lahan.

Kenapa Tol Jambi-Rengat seakan dingin dan tak ada pergerakan?, itu kata Gubernur lebih karena beberapa hal yang terkait dengan pemerintah pusat.

“Ini masalah sen, untuk Jambi-Betung kan sennya sudah ada, kalau Jambi-Rengat belum itu karena sen,” ujar Al Haris. Sen yang dimaksud adalah dana.

Namun demikian, Pemerintah Provinsi Jambi kata Al Haris terus berkomunikasi dengan Kementerian PUPR terkait kapan realisasi tol Jambi-Rengat. “Karena kan tol ini penting, kita terus mendorong dan berkomunikasi dengan pusat,” lanjutnya lagi.

BACA JUGA:Dulu Beli Tanah Cuma 100 Juta Kini Diganti Tol Betung-Jambi Jadi 2 Miliar, Warga Muba Mendadak Kaya

BACA JUGA:Wow! Masjid Gagah Berdiri di Tengah Ruas Tol Solo-Yogyakarta, Dekat Jembatan Jebul Terpanjang

Sekedar informasi, Tol Jambi-Rengat panjangnya 190 kilometer dan 116,5 kilometer berada di wilayah Provinsi Jambi. Jalan tol Trans Sumatera dari Jambi menuju Rengat Riau sudah dilakukan penetapan lokasi pembangunan. Tercatat akan ada 16 desa yang akan dilalui jalan tol Jambi-Rengat ini, mulai dari kabupaten Muaro Jambi hingga Kabupaten Tanjab Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: