Warga Terdampak Tol Pekanbaru-Rengat Sebentar Lagi Bisa Senyum Lihat Isi Rekening

Warga Terdampak Tol Pekanbaru-Rengat Sebentar Lagi Bisa Senyum Lihat Isi Rekening

Ilustrasi pengukuran tanah -Foto: Tangkap Layar Youtube Gustira Family-

PEKANBARU, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Warga terdampak Tol Pekanbaru-Rengat sebentar lagi bisa senyum lihat isi rekening karena pemerintah akan memproses ganti untungnya.

Saat ini, proses lahan Tol ini telah memasuki tahapan Penetapan Lokasi (Penlok). Penlok  Tol Pekanbaru telah diumumkan pemerintah Riau, mengarah ke Provinsi Jambi sepanjang 175 Kilometer (Km) sampai batas Rengat.

Proses pembayaran ganti rugi biasanya melewati beberapa tahapan, setelah Penlok maka tahap berikutnya tinggal memasuki proses pengadaan tanah, mulai dari sosialisasi, musyawarah dan proses pembayaran ganti untung lahan yang terdampak.

Mengutip keterangan resmi media center riau.go.id, bukan perkara mudah melakukan penlok di ruas Tol Pekanbaru-Rengat.

Beberapa kendala sempat dihadapi oleh tim di lapangan, salah satunya adalah trase Jalan Tol Trans Sumatera di Riau itu ada yang menabrak atau beririsan dengan landasan helikoper alias helipad.

Meski tak menjelaskan helipad milik siapan, namun kendala lain juga dihadapi tim diantaranya melewati jaringan sutet, pondok pesantren dan juga kawasan budidaya perikanan.

"Tapi itu sudah digeser trasenya dan diperbaiki, kemudian sudah diukur oleh satker Badan Pertanahan Nasional (BPN). Alhamdulillah saat ini Penlok sudah selesai," ujar Asisten II Sekretariat daerah provinsi Riau M Job Kurniawan dikutip dari situs resmi Pemprov Riau, mediacenter.riau.go.id.

Meski ruas Tol ini mengarah ke Provinsi Jambi, namun dalam konstruksinya nanti, Tol Pekanbaru-Rengat ini akan berhenti hanya sampai di rengat kemudian dikoneksikan dengan sirip JTTS yaitu Tol Pekanbaru-Padang.

"Selain itu, nantinya juga akan ada koneksi ke jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Koneksi tersebut saat ini juga masih dalam proses," sebutnya.

Di sisi lain,  Tol Pekanbaru-Bangkinang sekarang terus dikebut pengerjaanya terutama di bagian pintu Tol.

Bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini memang telah bisa dilewati kendaraan namun beberapa pekerjaan diakui Job Kurniawan, masih ada yang belum rampung.

Selain itu, pembebasan lahan di ruas Tol Pekanbaru-bangkinang juga ada belum selesai.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan (PUPR PKPP) Riau, Arief Setiawan mengatakan, meski belum selesai urusan ganti rugi lahan namun proses pembangunan exit Tol Pekanbaru-Bangkinang tetap berlanjut.

“Memang ada yang belum di ganti rugi karena sekarang tahapannya masih tahap persiapan ganti rugi lahan,” jelas Arief Setiawan lagi. (dpc)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: