Program Sobat Sikapi OJK

Program Sobat Sikapi OJK

Kepala OJK Provinsi Jambi saat foto bersama Gubernur, Pj. Bupati Muarojambi, Sekda Muarojambi, Kepala BEI Perwakilan Provinsi Jambi, Pimcab Bank Jambi Sengeti Camat, Lurah dan Kades dari Kabupaten Muarojambi --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur, telah dilaksanakan Kegiatan Program Sikapi yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi. Kegiatan langsung dihadiri Gubernur Jambi H. Al Haris, Pj. Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah, Sekda Muarojambi Budi Hartono, Kepala Bursa Efek Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi, Pemimpin Cabang Bank Jambi Sengeti, Kepala OPD Muarojambi, para Camat, Lurah dan Kades di Kabupaten Muarojambi. Kepala OJK Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata dalam sambutannya mengatakan, berdasaran Undang-Undang Nomor 21 tahun 2011, salah satu dididirkannya OJK adalah agar segala kegiatan yang ada disektor jasa keuangan dapat melindungi  kepentingan konsumen dan masyarakat. Dalam hal ini OJK melakukan kegiatan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi inklusi keuangan masyarakat.

“Kemudian berdasarkan undang-undang terbaru Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK, red), kembali ditekankan bahwa OJK bekerjasama dengan Pemerintah, Bank Indonesia, diharapkan untuk meningkatkan literasi dan edukasi keuangan bagi masyarakat,” ujar Kepala OJK Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata kemarin (21/8).

Dalam rangka menyikapi amanat tersebut, OJK pun melakukan bermacam strategi, bagaimana masyarakat memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang sangat bagus, salah satunya dengan mengadakan kegiatan Sobat Sikapi, yang utamanya terdapat dua bagian pertama Training of Trainer (ToT) dan Training of Community (ToC). Dalam ToT pihaknya melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Pemkab Muarojambi, dengan mengundang Camat, Lurah dan para Kades dari Kabupaten Muarojambi untuk menjadi trainer.

“Setelah mendapatkan pembekalan, para Camat, Lurah dan Kades akan diterjunkan ke program berikutnya, yakni ToC, bagimana mereka akan memberikan pembekalan kepada masyarakat  yang berada dibawah wilayah kerjanya masing-masing. Dengan melibatkan kades-kades agar bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat sampai yang terjauh,” harapnya.

Kegiatan ini nantinya akan dilakukan secara berkesinambungan sampai akhir September tahun 2023. Setelah ToT selesai maka para Camat, Lurah dan Kades untuk memberikan edukasi leiterasi keuangan kepada masyarakat. Dan nanti pihaknya akan melakukan pemantauan dalam ToC-nya. Apabila terdapat Camat, Lurah dan Kades yang melakukan edukasinya dengan baik, sesuai kriteria yang dibuat OJK, akan mendapatkan reward.

“Kita berikan reward berupa uang pembinaan bagi Camat, Lurah dan Kades, karena memiliki prestasi edukasi kepada masyarakat dengan total nilai uang pembinaan sebesar Rp 10 juta. Alhamdulillah pak gubernur juga memberikan reward tambahan senilai Rp 5 juta bagi para Camat, Lurah dan Kades berprestasi dalam pengembangan literasi edukasi keuangan diwilayah kerjanya,” urai Yudha.

Sementara, Pj. Bupati Muarojambi, Bachyuni Deliansyah atas nama Pemkab Muarojambi mengucapkan banyak terima kasih kepada gubernur dan OJK yang telah memberikan kesempatan bagi Kabupaten Muarojambi dalam Program Sobat Sikapi, yang bertujuan untuk meningkatkan edukasi literasi keuangan di Kabupaten Muarojambi.

“Kami hadirkan 11 Camat, 15 Lurah dan 150 Kadses dari Kabupaten Muarojambi. Saya berpesan kepada Camat, Lurah dan Kades untuk menjadi ujung tombak edukasi literasi keuangan di Kabupaten Muarojambi, dan peserta harus aktif dalam penyampaian materi yang diberikan narasumber,” papar Pj. Bupati Muarojambi, Bachyuni Deliansyah.

Gubernur Jambi, H. Al Haris mengatakan, acara yang diisiniasi OJK ini bakal banyak bermanfaat bagi masyarakat desa dalam peningkatan literasi keuangan. Pasalnya, kemajuan teknologi saat ini telah melahirkan berbagai tawaran keuangan seperti pinjaman online (pinjol) ilegal, investasi online ilegal dan sebagainya. (*)

“Ini kadangkala oleh ibu-ibu rumah tangga yang masih kurang memahami. OJK pun hadir bagaimana membantu kita semua dalam mencerdaskan tata kelola keuangan secara online. Kita berharap acara ini akan mampu memberikan instruktur uantuk kemudian diteruskan kepada masyarakat desa,” tandas Gubernur 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: