LCC Museum Siginjai, Upaya Tingkatkan Wawasan Kesejarahan Kepada Pelajar SLTP

LCC Museum Siginjai, Upaya Tingkatkan Wawasan Kesejarahan Kepada Pelajar SLTP

LCC Museum Siginjai, Upaya Tingkatkan Wawasan Kesejarahan Kepada Pelajar SLTP--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Berbagai upaya terus dilakukan Museum Siginjei untuk mengenalkan sejarah dan budaya yang ada di Provinsi Jambi kepada generasi muda. Salah satunya, yaitu melalui Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SLTP se-Kota Jambi yang dilaksanakan di Auditorium Museum Siginjei, Senin (14/8). Di mana dalam LCC tersebut materi yang dilombakan lebih difokuskan pada sejarah peninggalan masa lalu masyarakat Jambi yang kini menjadi koleksi Museum.

Plt. Kasi Bimbingan dan Publikasi Museum Siginjei, Krisviorini, S.Pd mengatakan dilaksanakan lomba LCC tingkat SLTP se-Kota Jambi itu sebagai salah satu upaya untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di Provinsi Jambi agar berkelanjutan. Juga untuk menguji sejauh mana ilmu dan wawasan para pelajar mengetahui sejarah daerahnya sendiri. "Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelajar terhadap museum, menyebarluaskan informasi/pengetahuan tentang wawasan kebudayaan dan perjuangan bangsa sehingga terwujud kesadaran jati diri bangsa untuk mewujudkan karakter yang kuat dalam diri generasi muda. Kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan tokoh pahlawan agar dapat meneladani semangat patriotismenya serta menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air," ujarnya.

Dengan kegiatan LCC ini juga diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap museum, menyebarluaskan informasi/pengetahuan tentang wawasan kebudayaan dan perjuangan bangsa. Sehingga terwujud kesadaran jati diri bangsa untuk mewujudkan karakter yang kuat dalam diri generasi muda dan mengenalkan tokoh pahlawan agar dapat meneladani semangat patriotismenya serta menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air dan bangsa dikalangan pelajar SMP.

Terhadap pemenang lomba dalam kegiatan LCC ini panitia menyediakan hadiah berupa piagam penghargaan, uang tunai dan piala. Adapun pemenangnya yaitu juara 1 diraih oleh SMP Xaverius 1 Kota Jambi, juara 2 diraih oleh SMP Nurul Ilmi Kota Jambi, dan juara 3 diraih oleh SMPN 7 Kota Jambi. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: