Anna Delvey, Penipu Ulung yang kembali dengan Citra Baru

Anna Delvey, Penipu Ulung yang kembali dengan Citra Baru

Anna Sorokin--

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pernahkan Anda mendengar nama Anna Sorokin atau Anna Delvey

Anna Sorokin alias Anna Delvey adalah seorang penipu ulung yang menjadi sorotan setelah Netflix merilis acara mengenai dirinya yang berjudul “Inventing Anna”. Diperankan oleh Julia Garner, mini-seri ini menceritakan bagaimana Anna Delvey berhasil menipu jutaan orang dari hotel, bank, dan para sosialita kelas dunia.

Lahir di pinggiran kota Moskow pada 1991, Sorokin pindah ke Jerman pada 2007 bersama seluruh keluarganya. Kemudian ia berpindah ke Paris, dan memulai aksinya dengan menggunakan nama Anna Delvey. Hingga tahun 2014, ia pindah ke New York dan menikmati kehidupan mewah dengan membangun relasi dan menipu kenalannya untuk membayar tagihan hotel dan restoran yang mahal.

Pada 2017 tanpa diduga,  Rachel DeLoache Williams, salah satu korban penipuannya, melaporkan Sorokin dan akhirnya ia ditangkap oleh LAPD dengan dakwaan mencuri hampir $ 300.000 melalui beberapa penipuan. 

Pada Mei 2019, dia dijatuhi hukuman 4-12 tahun penjara dan diharuskan membayar restitusi kepada orang-orang yang dia tipu, serta denda $ 24.000. Lalu, pada Maret 2022 lalu, ia ditetapkan menjadi tahanan rumah oleh The Orange County Correctional Facility di New York. Selain membayar jaminan, dia juga dilarang untuk menggunakan sosial media. Hingga akhirnya bebas pada Oktober 2022.

Lalu, bagaimana ia melewati masa tahanannya? Secara mengejutkan ternyata penipu profesional ini menjalankan hukumannya dengan produktif.

Dikutip dari townandcountrymag.com, Sorokin mengaku sangat tertekan dengan persona penipu yang media tempelkan padanya. Ia berharap dapat mengubah citra tersebut dan meminta  kesempatan kedua untuk dapat memperbaiki diri.

"Saya berharap semua orang memberi saya kesempatan dan tidak menjuluki saya, tanda kutip, penipu," ungkapnya

Terbukti, pada akhir Maret 2022, pameran seni pertamanya di Manhattan's Lower East Side bertajuk "Free Anna Delvey”. Dilanjutkan dengan pameran kedua, yang menampilkan 20 gambar oleh Delvey sendiri. Baru-baru ini ia bahkan menjual karyanya melalui NFT dan memberikan beberapa penawaran menarik bagi pengagum karyanya.

Anna juga meluncurkan sebuah siniar berjudul “The Anna Delvey Show” saat menjadi tahanan rumah. Ia juga telah menandatangani kontrak baru untuk kelanjutan serial “Inventing Anna” yang akan mengisahkan kehidupannya di balik bui. Ditambah, Sorokin dikabarkan akan terlibat dalam  reality show berjudul Delvey’s Dinner Club, seperti yang dilansir oleh Town and Country. 

Bahkan Anna juga sempat diundang untuk mengisi kelas MBA di Harvard University. Secara daring, ia diminta menjadi pembicara terkait sisi gelap dunia bisnis. Dengan segala usahanya saat ini, Sorokin alias Delvey sepertinya ingin mengubah imej dirinya dari scammer (penipu) menjadi entertainer. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: