Rancak dan Estetik! Tol Sumbar Mengiris-ngiris Rel Kereta Api

Rancak dan Estetik! Tol Sumbar Mengiris-ngiris Rel Kereta Api

Kolom fly over Tol Padang-Sicincin di Nagari Buayan Lubuk Alung akan menyalib rel kereta api-Foto: Tangkap Layar Youtube Minang Yes-

PADANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID –  Sumatera Barat yang memiliki banyak jalur rel kereta api akan banyak berisiran dengan trase Tol Sumbar.

Sangat rancak dan estetik! proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Sumbar tak hanya mengiris-ngiris rel kereta namun juga ada yang berdampingan dengan rel kereta api.  

Pantauan pekerjaan di lapangan, melalui akun Youtube Minang Yes, Jambi Ekspres melihat jembatan layang atau fly over di Nagari Buayan Lubuk Alung sebentar lagi akan segera tersambung.

Melihat posisi kolom jembatan yang kini telah gagah tegak di antara rel kereta api Nagari Buayan Lubuk Alung, bisa dipastikan bahwa fly over ini nantinya akan menyalip rel kereta api di KM 13 Tol Padang-Sicincin.

Sangat cantik pula, saat admin Minang Yes mengambil video kolom jembatan layang di Nagari Buayan Lubuk Alung ini, sedang lewat pula kereta api milik KAI di lokasi.

BACA JUGA:Sudah Berderet Barrier Median Tol Padang-Sicincin, Tangguh! Mampu Nahan Beban 13 Ton

BACA JUGA:JUMAT BERKAH! BBM Turun Lagi Rp 800/Liter, Simak Harga Baru Pertamax-Pertalite 18 Agustus 2023


Langsung bisa terbayang, nanti pengendara yang beruntung, sedang melewati jalan tol akan bisa berselisih saling menyalib dengan kereta api, kendaraan berada di atas tol, kereta api ada di bawahnya.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan perbukitan dan hamparan sawah, Tol Padang-Sicincin nantinya juga akan memberikan pengguna tol sensasi menyalip kereta api dari atas overpass, sungguh elok dan estetik.

Tol Padang-Sicincin memiliki main road sepanjang 36 Kilometer yang dilengkapi dengan 2 overpass atau jalan layang.

Dan dari atas overpass inilah nanti, jika sedang beruntung, pengendara bisa bertemu kereta api yang sedang lewat dan akan merasakan sensasi menyalip kereta api dari ketinggian overpass.

Momen ini bisa pula dirasakan di STA 12 di Nagari Buayan Batang Anai Padang Pariaman dan Kawasan Kayu Kapur Nagari Sungai Bulu Selatan di STA 6 ruas Tol Padang-Sicincin.

Mengapa ada kereta api? Karena jalan tol Padang-Sicincin ini memang akan melewati beberapa jalur rel PT Kereta Api Indonesia divre Sumbar.

Sumatera Barat memiliki rel kereta api yang cukup Panjang di Pulau Sumatera.

Belanda pernah membangun jalur rel kereta api sepanjang 300 kilometer di Sumbar dan 200an kilometernya kini mati suri, tidak berfungsi.

Namun Tol Padang-Sicincin nanti akan banyak terkait dengan rel kereta api yang aktif. Khususnya rel kereta api yang rutin melakukan pemberangkatan rute Padang-Pariaman.

BACA JUGA:Penlok Tol Pekanbaru Mengarah ke Jambi 175 Km Rampung, Sempat Nabrak Landasan Helikoper

 

 

BACA JUGA:Ngeri! Jembatan Terpanjang Tanpa Pilar Senilai Rp42 M di Tol Sumut Uji Coba Jumat Ini

Rute itu juga sudah diperpanjang menjadi Pauh Lima Padang -Naras Pariaman, dan Pulau Air-Padang.
 
KAI juga telah mengaktifkan KA Bandara dan rute Padang-Kayu Tanam dan jalur kereta api Sawahlunto-Muaro Kalaban.

Jadi tak heran mengapa nantinya Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Sumbar akan banyak beririsan dengan rel kereta api.

Sumbar dan kereta api memang tak terpisahkan. Sejak Maret 1891, seorang insinyur tambang bernama Ijzerman memulai survey trayek sepanjang 300 KM jalur kereta api dari Muaro Kalaban menuju Pantai Timur yang kini kawasan Teluk Bayur.
 
Saat itu rel dibuat dalam rangka membangun jaringan lalu lintas alternatif untuk pengangkutan batubara Ombilin keluar dari Sawahlunto.

BACA JUGA:Setelah 81 Tahun Jepang Datang Lagi ke Sumbar, Tujuannya Sama: Menggali Terowongan, Bedanya..

BACA JUGA:HKI Bangun Jembatan Sungai Pertama di Ruas Tol Sumbar, Ngeri Banyak Buayanya
 
Proyek pembangunan rel kereta api Sumbar kemudian dibangun secara bertahap.

Dalam kurun waktu 22 tahun, Belanda akhirnya berhasil menyelesaikan jalur rel kereta api di Sumbar.

Kehadiran jalur JTTS tentu akan menambah lengkap Sumbar dalam urusan jalur transportasi, Sumbar memiliki banyak jalan alternatif nantinya.

Akan membuat Sumbar semakin maju bahkan bisa semakin hebat siap menyaingi provinsi hebat lain yang ada di Indonesia. (dpc)
BACA JUGA:100 Tahun Lalu Jepang Diam-diam Gali Lobang di Gunung Pangilun, Sekarang Bersiap Gali Terowongan Tol Sumbar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: