Lestarikan Permainan Tradisional, Museum Siginjei Laksanakan Lomba Gasing Tingkat SMA

Lestarikan Permainan Tradisional, Museum Siginjei Laksanakan Lomba Gasing  Tingkat SMA

Lestarikan Permainan Tradisional, Museum Siginjei Laksanakan Lomba Gasing Tingkat SMA--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Permainan tradisional gasing tak asing lagi didengar dan cukup populer dikalangan anak-anak maupun orang dewasa. Di Kota Jambi Permainan Tradisional gasing juga masih dikenal. Hal itu dibuktikan dengan setiap tahun Museum Siginjei menggelar atraksi permainan gasing dalam rangka peringatan HUT RI.

Lomba permainan tradisional gasing ini dilaksanakan oleh Museum Siginjei pada Selasa (15/8) di ruang Auditorium Museum Siginjei yang diikuti oleh siswa setingkat SMA sederajat se-Kota Jambi sebanyak 50 orang peserta. Dalam pelaksanaan lomba, panitia menyediakan gasing untuk dimainkan, sehingga setiap peserta memainkan gasing yang sama, keterampilan peserta memainkan gasing menjadi faktor penentu kemenangan. Permainan ini dilakukan satu lawan satu, pemain yang gasingnya paling lama berputar adalah pemenangnya.

Plt. Kasi Bimbingan dan Publikasi Museum Siginjei, Krisviorini, S.Pd mengatakan, lomba permainan tradisional gasing dilaksanakan dalam rangka melestarikan permainan tradisional kepada generasi muda agar tidak hilang oleh zaman. Apalagi saat ini generasi muda banyak yang sudah mulai meninggalkan permainan tradisional, karena tergerus oleh perkembangan teknologi seperti gadget. “Sebagai warisan budaya diharapkan permainan gasing tetap ada dan dapat memperkuat kebudayaan melayu agar dikenal oleh masyarakat khususnya generasi muda,” katanya.

Pelestarian dan pengenalan benda permainan tradisional, termasuk bagian dari tugas Museum Siginjei. "Jadi kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan fungsi museum, dalam hal ini melestarikan permainan tradisional gasing," ujarnya

Terhadap para pemenang lomba, panitia memberikan hadiah berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan. Adapun pemenang lomba gasing tersebut yaitu Juara 1 diraih oleh Muhammad Jefri dari SMKN 4 Kota Jambi, juara 2 diraih oleh Argadarma Bulba Ascada dari SMA Ferdy Ferry Kota Jambi dan juara 3 diraih oleh M. Fahri Al Buhori dari SMA Adhyaksa I Kota Jambi. Sedangkan untuk juara harapan 1 diraih oleh Muallimil Asror dari Madrasah Aliyah Al Ikhlas Kota Jambi, juara harapan 2 diraih oleh Rano Damara dari Madrasah Aliyah Al Ikhlas Kota Jambi dan juara harapan 2 diraih oleh M. Dafa Kurniawan dari SMAN 14 Kota Jambi. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: