Kenalkan Seni dan Tradisi Lokal melalui Melukis Payung

Kenalkan Seni dan Tradisi Lokal melalui Melukis Payung

Kenalkan Seni dan Tradisi Lokal malalui Melukis Payung --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Melukis merupakan aktivitas yang menyenangkan, selain untuk mengisi waktu santai melukis juga bisa menghasilkan karya yang bernilai tinggi. Menariknya lagi, melukis ternyata memberikan manfaat yang sangat besar bagi pertumbuhan anak.

Pada Kamis (10/8) Museum Siginjei melaksankan kegiatan melukis, dengan menggunakan payung sebagai media melukis, yang dilaksanakan sebagai salah satu pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bagi anak sekolah dasar. Dipilihnya media payung sebagai media, yaitu agar menjadi sebuah karya seni yang bagus, apalagi payung hasil lukisan bisa digunakan untuk tarian. 

Peserta yang mengikuti lomba melukis payung yang dilaksanakan oleh Museum Siginjei yaitu sebanyak 50 orang yang berasal dari siswa SD se-kota Jambi, di mana media payung yang digunakan untuk melukis disediakan oleh panitia. Selama proses melukis, para peserta tidak diperbolehkan didampingi orang tua atau pun guru pendamping. Para peserta juga tidak diizinkan untuk menggunakan pola gambar yang dibuat sebelum lomba dimulai.

Plt. Kasi Bimbingan dan Publikasi Museum Siginjei, Krisviorini, S.Pd mengatakan, penilaian utama dalam lomba ini adalah originalitas dan benar-benar menonjolkan motif, komposisi warna dan kreatifitas terbaik dari peserta. Kegiatan ini menjadi salah satu ajang untuk terus menggali potensi yang dimiliki generasi muda, sekaligus untuk terus mengenalkan seni dan tradisi lokal melalui media payung. “Lomba ini dimaksudkan juga untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap museum, karena di museum tersimpan banyak sejarah tentang Jambi, yang bisa digali oleh siswa sebagai penerus bangsa. Apalagi saat ini masih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI, sehingga lomba ini dinilai sangat tepat," ujarnya. 

Terhadap para pemenang lomba, panitia memberikan hadiah berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan. Adapun pemenang lomba melukis payung yaitu Juara 1 diraih oleh Zoe Talita Widyadhana dari SD 206, Juara 2 diraih oleh Justine Delviro J dari SD Unggul Sakti, Juara 3 diraih oleh Daffa Arshavia Shadiq dari SDN 47/IV Kota Jambi. Juara harapan 1 diraih oleh Aurelya Putri Yoju dari SD Xaverius 1, Juara Harapan II diraih oleh Carren Angelica dari SD Xaverius 1 dan Juara Harapan III diraih oleh Graciella Anabell dari SD Xaverius 2. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: