Lokasi Pembangunaan Stockpile Batu Bara di Kawasan Aurduri Masih Dipasang Plice Line

Lokasi Pembangunaan Stockpile Batu Bara di Kawasan Aurduri Masih Dipasang Plice Line

Area Stockpile Batu Bara di Aurduri --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Persoalan rencana pembangunan stockpile batu bara dan pelabuhan di kawasan Aurduri, Kelurahan Aur Kenali, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi menjadi perhatian serius pemerintah Kota Jambi.

Kini Tim Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kota Jambi tengah memeriksa beberapa saksi terkait rencana pendirian stokpile dan pelabuhan batu bara oleh PT Sinar Anugerah Sukses (SAS) itu.

“Kami sedang mengumpulkan data dan keterangan saksi, terutama masyarakat setempat yang berbatasan dengan lokasi, kemudian pak RT dan pak lurah,” kata Kasatpol PP Kota Jambi, Feriadi, Rabu (9/8).

Feriadi mengatakan, untuk hari ini (Rabu,red) dijadwalkan akan meminta keterangan dari Ketua Forum RT, dan tokoh masyarakat sekitar.

Untuk perusahaan (PT SAS), belum dipanggil. Karena pihaknya masih mengumpulkan dan melengkapi data.

“Kami juga akan koordinasi dengan DLH terkait apakah ada UU Lingkungan atau Perda yang dilanggar, kemudian dari Dinas PUPR, kami akan tanyakan apakah ada aturan yang dilanggar,” sebutnya.

“DPMPTSP juga akan kita koordinasikan,” tambahnya.

Lanjut Feriadi, jika memang ada indikasi tindak pelanggaran Perda, maka akan ditetapkan tersangka.

“Baru kita panggil tersangkanya. Kalau sekarang belum kita tetapkan tersangka, kita butuh dua alat bukti,” imbuhnya.

“Kita bisa bawa ke meja hijau melalui Perda,” ujarnya.

Sementara saat ini, lokasi pendirian stokpile batu bara oleh PT Sinar Anugerah Sukses (SAS) itu masih dipasang Police Line oleh Timdu Pemkot Jambi.

Menurut peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 4/2012 tentang indikator ramah lingkungan untuk usaha dan atau kegiatan pebambangan terbuka batu bara. Jarak minimal dengan pemukiman 500 meter. Sementara lokasi usaha tersebut sangat dekat dengan pemukiman. Lalu, tim terpadu Pemkot Jambi juga menemukan adanya penimbunan anak sungai di lokasi. Selain itu, lokasi juga berdekatan dengan Intake Aurduri yang menyuplai air bersih ke 20 ribu pelanggan di tiga kecamatan, yaitu Alam Barajo, Telanaipura dan Kota Baru. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: