>

10 Fakta Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki

 10 Fakta Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki

Tol Probolinggo-Besuki terus dikebut pekerjaannya, foto update kondisi lapangan 23 Juli 2023-Foto: Tangkap Layar Youtube Adhi-Abipraya-MKN, KSO -

PROBOLINGGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jalan tol  Probolinggo-Bayuwangi ruas Probolinggo-Besuki pembangunan sudah dimulai pembangunannya sejak Februari 2023 lalu.

Sudah hampir 6 bulan sejak groundbreaking dilaksanakan pada 6 Februari 2023 di Kelurahan Pendil, Kecamatan Suko, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur kini pembangunan sudah mulai nampak.

Jalan tol yang merupakan pembuka untuk menuju pamungkas akhir di Pulau Jawa ini ditargetkan kelar pada Agustus 2024 mendatang.

Berikut 10 Fakta Tentang Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki:

1. Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terbagi menjadi dua tahap pembangunan yaitu Tahap I, menghubungkan Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68 Km, dan Tahap II, menghubungkan Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72 Km.

BACA JUGA: Update Jalan Tol Probowangi, Simpang Susun dan Gerbang Tol Paiton Sudah Mulai Dikerjakan

BACA JUGA:Jalan Tol Solo-Yogyakarta- YIA Kulon Progo Terdapat 9 Simpang Susun, Perhatikan Bangunan Bersejarah

2. Pembangunan jalan Tol Probolinggo-Besuki dibagi menjadi 3 paket dan progresnya hingga Juli 2023  antara lain Paket 1 Gending  hingga Kraksaan (12,88 Km) adalah sebesar 92,57%, Paket 2 Kraksaan hingga Paiton (11,20 Km) sebesar 82,77% dan Paket 3 Paiton hingga  Besuki (25,60 Km) sebesar 84,44%.

3. Pembangunan Tahap I Probolinggo-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.

4. Jalan Tol Probolinggo-Besuki memiliki 3 buah simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton dan SS Besuki.

5. Jalan Tol Probolinggo-Besuki serta dilengkapi dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+65 di kedua arah, yakni arah Probolinggo maupun arah Besuki.

6. Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki dapat memangkas waktu tempuh Probolinggo s.d Besuki yang semula sekitar 1 jam 15 menit menjadi 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80-100 Km/jam.

BACA JUGA:Orang Jakarta Bisa ke Malaysia Jalur Darat Via Jalan Tol Trans Sumatera, Jumat Berangkat Sabtu Sudah di Malaka

7.  Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi merupakan ruas pamungkas dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa untuk meningkatkan konektivitas serta mempermudah mobilitas  orang, barang dan jasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: