Lomba Lagu Islami Sebagai Upaya Menumbuhkan Cinta Budaya Islam

Lomba Lagu Islami Sebagai Upaya Menumbuhkan Cinta Budaya Islam

Lomba Lagu Islami Sebagai Upaya Menumbuhkan Cinta Budaya Islam--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Masih dalam rangkaian Pekan Gentala Arasy, Museum Siginjei melalui Museum Gentala Arasy melaksanakan lomba Lagu Islami. Lomba tersebut dilaksanakan untuk kategori remaja dan pelajar dengan batasan usia 25 tahun, yang diikuti sebanyak 50 orang peserta, berlangsung pada Sabtu (29/7/23) di Amphi Theater Museum Gentala Arsy.

Melalui kegiatan lomba Lagu Islami yang telah dilaksanakan, diharapkan para remaja dan siswa yang berasal dari Seberang Kota Jambi semakin cinta dengan Budaya Islam dan meningkatkan keimanan kepada Allah.  

Koordinator Museum Gentala Arasy, Yusmizar Khaidir mengatakan, setiap peserta pada saat penyisihan membawakan satu lagu dengan durasi masing-masing selama 10 menit. Kemudian pada babak semifinal sebanyak 10 orang peserta yang lolos membawakan lagu wajib dan lagu bebas.

"Musik islami adalah istilah yang merujuk pada jenis musik religi, di Seberang Kota Jambi banyak masyarakat yang menguasai lagu-lagu islami itu. Sehingga perlu terus dilestarikan agar masuk selalu cinta dengan budaya Islam," sebutnya

Lagu Islami merupakan bagian dari suatu seni untuk penyejuk hati. Lagu islami mengingatkan untuk semakin mendekatkan diri dan mengingatkan akan keberadaan Tuhan. 

Para peserta yang mengikuti lomba Lagu Islami, membawakan lagu yang berisi tentang keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki tuhan. Keistimewaan ini bisa berisi puji-pujian atau dengan sebutan-sebutan yang baik bagi Allah yang dikenal dengan Asmaul Husna. Lirik-lirik pada lagu yang seperti ini dapat menyadarkan bahwa betapa besarnya Allah dan betapa kecilnya kita sebagai umatnya. 

Kepada para juara, panitia menyediakan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan. Adapun pemenangnya yaitu Juara 1 diraih oleh Syabila, Juara 2 diraih oleh Syahid Gibran, dan juara 3 diraih oleh  Suci Wulandari. Untuk Harapan 1 diraih oleh M. Luthfi, Harapan 2 diraih Oza Mahotdra, dan Harapan 3 diraih oleh Ashabul Kahfi. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: