SEMARAK PKM ke-III PTKIN se-Sumatera dan PTI Asia Tenggara di UIN STS Jambi

SEMARAK PKM ke-III PTKIN se-Sumatera dan PTI Asia Tenggara di UIN STS Jambi

Pembukaan PKM ke-III di UIN STS Jambi--

Pembukaan PKM ke-III Spektakuler, 31 Perguruan Tinggi Islam Ikut Serta dari Sumatra Hingga Asia Tenggara

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Ajang Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ke-III yang diselenggarakan di UIN STS Jambi terlihat sangat berbeda dari PKM sebelumnya. Hal ini terlihat sangat mencolok dengan hadirnya 9 Perguruan Tinggi Islam (PTI) dari Asia Tenggara yang ikut serta sebagai peserta PKM. Sembilan PTI ini adalah Kolej Islam Muhammadiyah-Singapore, College Islam As Sofa – Malaysia, Mindanao State University – Kamboja, Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan – Brunei Darussalam, Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) – Tanjong Perak Malaysia, Kolej Antar Bangsa Unifield – Malaysia, Pengajian Tinggi Islam Darul Maarif – Patani Thailand, An-Nikmah Al-Islamiyah Institute – Kamboja dan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA), Terengganu – Malaysia.


Kepala Subdirektorat Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, S.Ag. M.Pd., Ketua Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri--

Pada pembukaan PKM ke-III ini, peserta kontingen dari 22 PTKIN se-Sumatera juga mempersembahkan pakaian adat dari daerahnya masing – masing ini sebagai bentuk beragamnya tradisi yang dimiliki Indonesia.

Pembukaan PKM ke-III ini dihadiri langsung Kepala Subdirektorat Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, S.Ag. M.Pd., Ketua Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Se-Sumatera, Prof. Dr. Hj. Nyayu Khadijah, S. Ag., M.Ag., Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I., Para Rektor dan Ketua PTKIN se-Sumatera, Kepala Biro PTKIN se-Sumatera, perwakilan PTI se-Asia Tenggara yang hadir secara virtual, jajaran Forkopimda Provinsi Jambi, serta para stake holders lainnya.

“PKM merupakan kompetisi mahasiswa wilayah Sumatra dalam bidang ilmiah, seni dan olahraga. Tetapi kali ini ada yang istimewa dengan keikutsertaan PTI Asia Tenggara. Sehingga gelaran kompetisi ini tidak hanya berskala regional tetapi telah merambah skala Internasional,” jelas Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, S.Ag. M.Pd., yang membuka seraca resmi PKM ke-III.

Dengan terlaksananya ajang bergengsi PTKIN di UIN STS Jambi ini di harapkan menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan atlet dalam menghadapi even Nasional. Selain itu PKM juga menjadi wadah pembinaan prestasi, karakter, mental spritual dan akhlak diantara para peserta serta mengokohkan persaudaraan kebangsaan dan ke Indonesia menuju Indonesia unggul 2045.

Mengangkat tema, ‘Kembangkan Talent Mahasiswa, Junjung Sportivitas, Raih Prestasi dan Rekognisi’. PKM ke-III di UIN STS Jambi memiliki 33 cabang perlombaan yang digelar 20 Mei – 29 Juli 2023 secara hybrid baik daring dan luring yang terdiri dari 10 cabang lomba bidang ilmiah, 11 cabang lomba bidang seni dan 12 cabang lomba bidang olahraga dengan diikuti 1.530 peserta.

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D., mengucaokan selamat datang para kontingen peserta PKM III dan para tamu undangan pada pembukaan PKM ke-III di Kampus Lokomotif Perubahan, Terdepan dan Berwibawa.


Pembukaan PKM ke-III secara simbolis dengan pemukulan kompangan--

“Satu kebanggan bagi UIN STS Jambi yang dipercaya sebagai tuan rumah ajang PKM ke-III yang dilaksanakan se-Sumatra dan Asia Tenggara. Ini terobosan baru UIN STS Jambi dimana salah satunya akan meningkatkan nilai akreditasi Perguruan Tinggi,” jelas Rektor UIN STS Jambi.

Prof. Dr. Hj. Nyayu Khadijah, S.Ag.,M.Ag., Ketua Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Se-Sumatera., mengucapkan terimakasih kepada Rektor dan panitia PKM yang telah sangat baik dalam mempersiapkan PKM ke-III di UIN STS Jambi. Dirinya berpesan bahwa semuanya adalah pemenang, dimana menang atau kalah itu biasa dalam berkompetisi tetapi yang terpenting adalah terus memotivasi diri agar lebih baik kedepannya.

“PKM ini adalah ajang menjalin silaturahmi persahabatan untuk saling mendukung dan memajukan sesama PTKIN di bawah Kementerian Agama RI. Saya doakan semuanya jadi juara tapi kalau juara 1, 2, dan 3 memang terbatas tapi semua kita adalah juara. Minimal kita adalah juara dalam memenangkan diri kita sendiri agar kalah atau menang itu hal yang biasa tetapi ke depan kita harus berlatih lagi belajar lagi dan kita berharap semua mahasiswa PPKI dan Sumatera itu bisa menjadi lebih baik sebagai generasi-generasi kebanggaan masyarakat” jelas Prof. Dr. Hj. Nyayu Khadijah, S.Ag.,M.Ag.

Wakil Gubernur Jambi yang juga Ketua Alumni UIN STS Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I., merasa sangat bangga dengan terlaksananya ajang PKM ke-III di UIN STS Jambi. Kegiatan ini menjadi ikhtiar untuk mempersiapkan para mahasiswa untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkualitas dan menjadi anggota masyarakat dengan kemampuan yang dapat menerapkan mengembangkan serta memperluaskan keilmuan dan pengetahuannya kepada masyarakat melalui Inovasi dan kreativitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: