INFO BARU Untuk Pekebun Sawit Simak Kata Pj Bupati Muba Agar Harga Buah Sawit Dihargai Tinggi

INFO BARU Untuk Pekebun Sawit Simak Kata Pj Bupati Muba Agar Harga Buah Sawit Dihargai Tinggi

Pj Bupati Muba Apriyadi telah menyiapkan sejumlah langkah yakni pendanaan untuk calon pekebun. Baik untuk pembukaan lahan, bantuan bibit bersertifikasi, pendampingan, pengurusan STDB hingga jaminan pasar di pabrik dengan harga yang berlaku. --

"Namun masalahnya, banyak diantara mereka terlanjur masuk dalam rantai bisnis dengan tengkulak. Ini karena kondisi pekebun yang kurang modal, baik untuk pupuk dan perawatan. Celah ini yang membuat tengkulak masuk. Akibatnya saat panen pekebun pasrah dengan harga yang dipatok tengkulak," terang Toyibir. 

Meski begitu, saat ini Apriyadi melalui Disbun Muba telah menyiapkan bibit sawit untuk pekebun melalui pembenihan kecambah bersertifikat. Selama dua tahun terakhir, Pemkab Muba sudah membantu lebih dua ratus hektar pembukaan lahan pekebun mandiri. Saat ini menurut data Dinas Perkebunan sudah menunggu sepuluh lebih kelompok pekebun yang akan mendapatkan bantuan pembukaan lahan tanpa bakar. 

Para pekebun baru yang akan mulai menanam ini akan didorong menjadi pekebun cerdas. Ketika pekebun sudah memenuhi semua kriteria yang benar dan mengantongi STDB dengan sendirinya punya legalitas operasional bagi pekebun mandiri dalam melaksanakan usahanya sehingga bisa mendapatkan dukungan dan sinergisitas dari semua stakeholder hingga percepatan ISPO pekebun.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: