UIN STS Jambi Siap Jadi Tuan Rumah PKM, Gelar FGD Wakil Rektor III

UIN STS Jambi Siap Jadi Tuan Rumah PKM, Gelar FGD Wakil Rektor III

Foto Bersama--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Berbagai persiapan terus dilakukan UIN STS Jambi menuju pergelaran besar Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang akan dilaksanakan di UIN STS Jambi. Bahkan guna melihat dan mengkoreksi berbagai pemantapan dalam kesiapan yang telah dilaksanakan, UIN STS Jambi menggelar Focus Group Discussion (FGD) Wakil Rektor III Regional Sumatera, Rabu (05/07) di Aston Hotel.

Rektor UIN STS Jambi, Prof.Dr.H.Suaidi.M.A., Ph.D., yang hadir secara virtual menyampaikan bahwa pelaksanaan PKM ini sesuatu hal yang baru, tapi dalam fungsinya memiliki aspek yang baik dalam rangka berkompetisi sesama PTKIN dan konteks yang lain. 

"Snagat penting melihat dari aspek-aspek yang belum dimaksimalkan seperti pelibatan negara berpenduduk Islam di kawasan Benua Asia dan Afrika, dimana tahun ini UIN STS Jambi melibatkan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara," jelas Rektor. 


Memantau venue dan persiapan PKM ke III--

Kegiatan diikuti 22 Wakil Rektor III dan Wakil Ketua II PTKIN Se-Sumatera. Kegiatan ini untuk menfinalkan petunjuk teknis atau juknis perlombaan yang luring yang akan dilaksanakan 24 - 29 Juli mendatang. Hal ini agar berbagai hal yang berpotensi menimbulkan permasalahan dapat diatasi dengan segera. 

"Perlombaan luring itu semua cabang olahraga. Dimana ada beberapa hal yang harus disepakati bersama agar tidak menjadi sebuah permasalahan. Misalnya dalam perjalan ada yang sakit atau meninggal atau sudah lulus itu bagaimana hanya bisa dibahas di FGD," jelas Wakil Rektor III UIN STS Jambi, Dr. Bahrul Ulum, M.A.

Mengusung tema "Kembangkan Talenta Mahasiswa, Junjung Sportivitas, Raih Prestasi dan Rekognisi”. UIN STS Jambi siap mensukseskan PKM ke - 3, dimana bukan hanya melibatkan PTKIN se Indonesia tetapi juga PTU Asia Tenggara, yaitu Malaysia, Thailand, Singapura, Manila dan Kamboja. 

"Pastinya ada yang spesial PKM di UIN STS Jambi mendatangkan, dimana kita juga akan melibatkan lima negara di Asia. Mereka akan mengikuti enam cabang perlombaan secara daring yaitu perlombaan Musabaqoh tilawatil Quran, Hifzil Quran, Qiraatul Qutub, story telling, karya tulis ilmiah al Quran dan puitisasi Al Quran," jelas Wakil Rektor III UIN STS Jambi. 

Selain pelaksanaan FGD, rombongan para Wakil Rektor III ini juga melakukan peninjauan secara langsung lokasi venue perlombaan yang ada di lokasi kampus 1 dan 2 UIN STS Jambi serta melakukan perjalanan ke Gentala Arasy yang merupakan ikon Jambi sekaligus logo dari pelaksanaan PKM ke -III. 

"Dari hasil peninjauan lokasi venue, hasil yang didapatkan 99.5% sudah siap tetapi untuk panjat tebing masih butuh persiapan ekstra sehingga semua persiapan bisa sesuai yang kita harapkan," tambah Dr. Bahrul Ulum, MA. 

Prof.Saifullah, ketua forum Wakil Rektor III Se-Sumatera menyampaikan bahwa kegiatan PKM ini sebagai ajang promosi kampus sekaligus  menjadi ajang mencari talenta baru bagi kampus kita agar tidak kalah bersaing dengan kampus lain di luar Sumatra. 

"Kita harap kegiatan ini bisa mengangkat level PTKIN. Selain itu saya juga berharap peran kita dalam PKM ini agar dapat mengontrol para mahasiswa kita selama keberangkatan, pertandingan hingga kepulangan. Kita harapkan peran ini juga sebagai bentuk pemantauan agar dapat membantu tuan rumah untuk mensukseskan PKM yang tentu setelahnya akan tetap kita evaluasi," tegas Prof.Saifullah. (uci)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: