Kim Yo Jong, Adik Perempuan Kim Jong Un yang ‘Sangar’ Ancam Tembak Pesawat Amerika

Kim Yo Jong, Adik Perempuan Kim Jong Un yang ‘Sangar’ Ancam Tembak Pesawat Amerika

Sosok Kim Yo Jong (tengah) -Foto: Tangkap Layar Youtube The Telegraph-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Namanya Kim Yo Jong, perempuan, tegas, jarang senyum dan 'sangar' sampai berani mengancam tembak pesawat mata-mata Amerika.

Konon Kim Yo Jong juga tak kalah keras dari kakak laki-lakinya, Kim Jong Un. Kim Jong Un adalah pemimpin sekaligus penguasa Korea Utara kini.

Dalam silsilah keluarga, Kim Yo Jong merupakan anak perempuan dari Kim Jong Il dari istri ketiganya, Ko Yong Hui.


Tak banyak yang mengetahui persis, tahun berapa ia lahir, namun diperkirakan ia lahir pada 26 September tahun 1987 atau 1988.

Sama dengan sang kakak, masa remaja Kim Yo Jong banyak dihabiskan di luar negeri.

Tentu saja ia sekolah dengan identitas baru, sama dengan kakaknya yang juga sekolah di Eropa, Kim Yo juga harus menyamar sebagai warga negara lain, bukan Korea Utara, saat menempuh pendidikan agar tak diketahui oleh pihak musuh.

Kim Yo Jong disebut-sebut fasih berbicara bahasa Inggris dan Prancis. Ia juga banyak menyerap pendidikan barat selama sekolah di Eropa.

Profil Kim Yo Jong mulai menarik perhatian publik saat ayahnya Kim Jong Il meninggal dunia pada tahun 2011 silam.
Proses pemakaman yang disiarkan di televisi itu, memperlihatkan Kim Yo Jong berdiri sejajar di samping kakaknya Kim Jong Un.

Hubungan Kim Yo Jong dan Kim Jong Un juga sangat dekat. Setelah ayahnya meninggal, Kim Yo Jong hadir sebagai pendukung kepemimpinan Kim Jong Un.

Itu pula sebabnya, ia mendapat jabatan strategis di pemerintahan Korea Utara yaitu sebagai Menteri Pertahanan Korea Utara.

Tak hanya di pemerintahan, di partai pun ia mendapat posisi strategis, di Partai Buruh yang menggawangi negara itu, Kim Yo Jong dipilih sebagai Direktur Departemen Propaganda dan Agitasi.

Bahkan saat usianya baru menginjak 27 tahun, Kim Yo Jong telah terpilih sebagai anggota Majelis Rakyat Tertinggi di parlemen Korut.

Seorang pengamat professor Korea Selatan, Yang Moon Jin mengatakan, sosok Kim Yo Jong adalah orang yang berani berkomunikasi tanpa batas dengan Kim Jong Un, di Korea Utara tidak banyak pejabat yang berani memberikan pendapat untuk Kim Jong Un, tapi Kim Yo Jong punya akses untuk itu.

Dalam beberapa pertemuan internasional, Kim Yo Jong menjadi orang terdepan yang mendampingi kakaknya Kim Jong Un.
 
Saat pertemuan Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Donald Trump di KTT Amerika Serikat-Korea Utara terkait denuklirisasi pada 12 Juni 2018 lalu di Singapura, Kim Yo Jung lah yang memiliki peran besar memberikan masukan-masukan untuk kakaknya Kim Jong Un.

Terbaru, Kim Yo Jong baru saja mengancam keras negara Amerika Serikat.

BACA JUGA:Tepuk Tangan Kim Jong Un Usai Tembak Rudal ke Laut Jepang Buat Nyindir Dua Negara Ini

Katanya, Korea Utara tak akan segan menembak jatuh pesawat mata-mata Amerika yang telah wara-wiri sebanyak 8 kali ke wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Korea Utara pada Selasa (11/7).

KCNA, kantor berita pemerintah Korut menyebutkan, aksi itu merupakan penerobosan yang illegal.

Namun Amerika menolak tuduhan itu, Menteri Luar Negeri AS, Matthew Miller meminta pemerintahan Korea Utara bisa menahan diri.

Hubungan Amerika Serikat dan Korea Utara memang terus panas akhir-akhir ini, hal ini dipicu oleh  ambisi Kim Jong Un untuk terus mengembangkan teknologi nuklir dan juga rudal mematikan untuk tameng pertahanan mereka. (dpc)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: