Berikut Tentang Baterai Mobil Listrik: Jenis, Kapasitas, hingga Harga

Berikut Tentang Baterai Mobil Listrik: Jenis, Kapasitas, hingga Harga

Baterai Mobil Listrik--

Namun demikian, baterai jenis ini mulai ditinggalkan karena telah hadir jenis baterai lain yang lebih efisien dalam hal performa, siklus hidup, dan harga.

7. Ternary lithium-ion (NMC)

Baterai Ternary lithium-ion (NMC) termasuk salah satu jenis baterai mobil listrik yang paling populer di pasar. Baterai NMC memiliki keunggulan berupa kapasitas tinggi, tegangan tinggi, stabilitas termal baik, dan biaya rendah dibandingkan dengan baterai Li-ion lainnya. Baterai NMC juga mengandung nikel yang merupakan elemen penting untuk meningkatkan kinerja baterai Li-ion.

Salah satu mobil listrik yang menggunakan baterai jenis Ternary lithium-ion (NMC) adalah Almaz Hybrid. Kapasitas baterai mobil hybrid ini adalah 1.8 kWh dan memiliki tegangan 355 V24. Dengan teknologi baterai ini, Almaz Hybrid mampu menempuh jarak hingga 1.000 km dengan pengisian baterai penuh.

Daya Tahan Baterai Mobil Listrik

Usia dan ketahanan baterai pada mobil listrik dapat bervariasi tergantung pada jenis baterai dan pengaturan kendaraan. Secara umum, rata-rata usia baterai mobil listrik berkisar antara 10-15 tahun atau sekitar 200 ribu kilometer.

Usia baterai listrik juga tergantung pada jenis baterai yang digunakan. Baterai lithium-ion umumnya banyak digunakan dalam mobil listrik. Baterai ini akan mengalami siklus pengosongan saat digunakan dan diisi daya saat terhubung dengan stasiun pengisian daya listrik.

Ketahanan mobil listrik juga dapat dipengaruhi oleh suhu. Suhu yang sangat rendah atau tinggi dapat memengaruhi usia baterai. Suhu yang terlalu tinggi cenderung mengurangi masa pakai baterai mobil listrik dengan lebih cepat.

Mobil listrik rata-rata memiliki baterai yang dapat diisi ulang hingga sekitar 1.000 kali pengisian daya penuh. Namun, setiap tahun umumnya usia baterai akan berkurang meskipun tetap dapat digunakan.

Baterai mobil listrik yang telah mencapai 1.000 kali pengisian daya penuh biasanya mengalami penurunan kinerja hingga 40% dan tidak lagi optimal. Untungnya, beberapa produsen menawarkan jaminan penggantian baterai secara gratis.

Berapa Harga Baterai Mobil Listrik?

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil listrik, mungkin timbul pertanyaan mengenai kemungkinan kerusakan baterai di masa depan. Perlu diakui bahwa harga satu unit komponen ini cukup tinggi. Bahkan, harganya dapat mencapai 60% dari harga mobil listrik itu sendiri.

Namun, jika baterai mengalami kerusakan, sebenarnya masih dapat dilakukan penggantian sebagian karena baterai terdiri dari banyak sel. Hanya sel-sel yang rusak yang perlu diganti, sehingga tidak perlu mengganti seluruh baterai secara keseluruhan.

Harga baterai mobil listrik bervariasi, dengan kisaran harga termurah sekitar Rp189 juta untuk mobil yang dijual oleh Elon Musk. Sementara itu, harga termahal di Indonesia untuk baterai mobil listrik dari Korea Selatan berkisar antara Rp718 juta hingga Rp829 juta.

Cara Perawatan Mobil Listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: