PKM, Dosen Biologi dan Kimia UIN STS Jambi Perkenalkan Inovasi Pengelolaan Limbah

PKM, Dosen Biologi dan Kimia UIN STS Jambi Perkenalkan Inovasi Pengelolaan Limbah

Sosialisasi Pelatihan Pemanfaatan Limbah Organik--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dosen Biologi dan Kimia UIN STS Jambi Pengabdian Kepada Masyarakat, Kamis (6/7). Memperkenalkan inovasi teknologi sederhana mengolah limbah menjadi produk bernilai ekonomis. Kegiatan ini dilakukan di Desa Pulau Raman, Kabupaten Batanghari, kegiatan ini sebagai upaya pemanfaatan limbah organik menjadi eco enzyme dan sabun.

Kegiatan ini disambut sangat baik masyarakat setempat, terlihat dengan antusias masyarakat saat memperhatikan penyampaian materi oleh narasumber Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc., Dosen Biologi sekaligus Ketua Pusat Kajian Konservasi dan Sumberdaya Hayati tentang proses pembuatan eco enzyme dan Syukrya Ningsih, S.Si., M.Si.,  Dosen Kimia sekaligus Ketua Pusat Kajian Lingkungan Hidup tentang proses pembuatan sabun.


mahasiswa KKN Gelombang 1 UIN STS Jambi--

Dalam materinya, Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc., menjelaskan mulai dari apa itu limbah, berapa banyak limbah yang belum dikelola dengan baik, bagaimana cara penanganan limbah yang baik yaitu dengan dimulai dari pemilahan skala rumah tangga, menjelaskan apa itu eco enzyme, bagaimana cara membuat eco enzyme, bagaimana formulasi eco enzyme, dan apa manfaat eco enzyme. Narasumber Ningsih juga memaparkan tentang proses pembuatan sabun dari minyak jelantah.

Pada kegiatan ini masyarakat langsung mempraktikkan proses pembuatan eco enzyme dan sabun dari limbah menjadi produk yang mimiliki nilai ekonomis.

“Kita berharap dengan kegiatan ini bisa meningkatkan UMKM masyarakat dengan brand eco enzyme dan sabun Desa Pulau Raman yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” jelas Ketua Pusat Kajian Konservasi dan Sumberdaya Hayati UIN STS Jambi, Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc.

Kegiatan ini juga disupport oleh mahasiswa KKN 2023 dengan beranggotakan Daffa, Anjel, Ririn dll dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc. Selain itu, untuk memperkenalkan produk Desa Pulau Raman, atas persetujuan Desa, mahasiswa KKN membantu membuat desain (brand) untuk mengenalkan pruduk Desa Pulau Raman ke masyarakat luas terutama eco enzyme dan sabun hasil dari adopsi pelatihan oleh Dosen Biologi dan Kimia.

Kegiatan ini juga disupport oleh, Program Studi Biologi, Pusat Kajian Konservasi dan Sumberdaya Hayati, Pusat Kajian Lingkungan Hidup dan Green Sutha. (uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: