UIN STS Jambi Gelar Seni dan Unjuk Karya Seni Rupa,“Memayu Hayuning Bawana”

UIN STS Jambi Gelar Seni dan Unjuk Karya Seni Rupa,“Memayu Hayuning Bawana”

Foto Bersama--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pusat Kajian Melayu, Kultur dan Peradaban UIN STS Jambi berkolaborasi dengan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FakultasTarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi mengadakan Pergelaran Seni dan Unjuk Karya Seni Rupa bertajuk “Prinsip Seni Sejati Bukanlah untuk Menggambarkan Tetapi untuk Membangkitkan” dengan tema Bumiku-Memayu Hayuning Bawana.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Senin – Selasa (26-27/6) bertempat di Auditorium Chatib Quzwain UIN STS Jambi. Dijelaskan Ketua Pusat Kajian Melayu, Kultur dan Peradaban UIN STS Jambi, H. Mislan, M.Pd., kegiatan ini dilaksanakan guna memperkenalkan serta melestarikan kesenian dan kebudayaan khususnya budaya melayu.


Salah Satu Penampilan Mahasiswa--

“Selain sebagai jalan untuk melestarikan kebudayaan melayu, kegiatan seperti ini juga memiliki peran yang cukup penting dalam mendukung akreditasi dan perengkingan UIN STS Jambi,” jelas H. Mislan, M.Pd.

Kegiatan ini dikemas dengan beragam penampilan, seperti ansambel musik, music kontemporer, teater, drama musikal, kompangan, tari daerah, tari kontemporer, puisi, vocal, dan beberapa pertunjukan lainnya. Selain itu, juga terdapat beberapa seni rupa yang dipamerkan, seperti kolase, lukisan, mozaik, montase, macramé, batik celup, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Hj. Fadlilah, M.Pd., dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah tersebut, selain melestarikan budaya, kegiatan ini juga mendorong kreatifitas mahasiwa. Beliau juga berharap kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi mahasiwa ketika berkecimpung di dunia kerja nanti.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan pagelaran seni dan pertunjukan karya seni rupa ini, mahasiswa dan mahasiswi PGMI bisa menjadi lebih kreatif dan mampu mengaplikasikan apa yang mereka dapatkan baik secara teoritis dan praktis ketika mengajar nanti.” Ucap Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi, Dr. Hj. Fadlilah, M.Pd.

Kegiatan ini digagas oleh Sri Ramadhanti, M.Pd., Andi Nurhasanah, M.Pd., Rhesti Layla Ulfa, M.Pd., Dr. Shopia Rahmawati, M.Pd., Sean Popo Hardi, M.Hum., dan Nurmalia, M.Pd yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Seni Budaya dan Prakarya semester IV dan mata kuliah Pendidikan Seni Rupa semester VI. Kegiatan ini juga didukung H. Mislan, M.Pd dan Fevi Mawadhah Putri, M.Si., selaku ketua dan sekretaris Pusat Kajian Melayu, Kultur dan Peradaban UIN STS Jambi.

“Gelar seni dan unjuk karya seni rupa ini merupakan kegiatan tahunan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), kegiatan kali ini merupakan kegiatan yang ke-7, yang pertama kali dilakukan pada tahun 2016 sampai pada tahun ini. Namun, pada tahun 2022 tidak dilakukan karena covid-19.” Jelas dosen mata kuliah Seni Budaya, Prakarya dan Rupa UIN STS Jambi, Sri Ramadhanti, M.Pd.

Pembukaan Pagelaran Seni Budaya dihadiri Dekan dan Wakil Dekan FakultasTarbiyah dan Keguruan, Ketua dan Sekretaris Pusat Kajian Melayu, Kultur dan Peradaban, para Dosen serta Alumni Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Kegiatan di tutup dengan pemberian piagam penghargaan oleh ketua Pusat Kajian Melayu, Kultur dan Peradaban kepada 3 penampilan dan 3 karya seni rupa terbaik berdasarkan penilaian dari dosen pengampu mata kuliah. (uci)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: