Monumen Tertinggi Bung Karno Segera Dibangun di Bandung

Monumen Tertinggi Bung Karno Segera Dibangun di Bandung

Patung Bung Karno rencananya akan segera dibangun di Kota Bandung.--

JAMBJEKSPRES.CO.ID- Patung Bung Karno rencananya akan segera dibangun di Kota Bandung.

Tepatnya di GOR Saparua, patung tersebut digadang-gadang akan menjadi monumen tertinggi di Indonesia.

Dalam acara peletakan batu pertama pembangunan monumen (28/6/2023), Pamriadi, Ketua Yayasan Putra Nasional Indonesia  mengatakan Patung Bung Karno ini akan menjadi ikon kebanggaan.

“Insya Allah tahun ini Monumen Plaza Bung Karno di Bandung ini akan menjadi monumen tertinggi di Indonesia, mungkin tertinggi di dunia," jelas Pamriadi.

Ia juga menjelaskan patung yang direncanakan setinggi 22,3 meter tersebut akan memakan biaya sekitar 15,5 milyar rupiah.

Kabarnya biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan monumen sejarah ini tidak berasal dari uang negara, melainkan dari dana donasi masyarakat. 

“Insya Allah tidak dibiayai APBN dan APBD, tetapi mendapatkan donatur-donatur yang sangat cinta Bung Karno, terhadap perjuangan Bung Karno.” lanjutnya.

Pembangunan patung Presiden RI yang pertama ini sendiri datang dari inisiasi seorang akademisi Institut Teknologi Bandung.

Soekarno sendiri memulai perjuangannya dari Kota Bandung. Sehingga Bandung dinilai banyak menyimpan sejarah Bung Karno. 

"Dari Bandung ini, pemikiran Bung Karno ini membentang, dari society view bergerak ke national view dan worldwide view. Inilah cara pandang yang harusnya diwujudkan oleh para pemuda-pemuda Indonesia, khususnya Bandung ini,” jelas Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan yang juga menjadi Penasihat Pembangunan Patung Bung Karno dalam sambutannya di acara peletakan batu tersebut.

Sementara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga menghadiri kegiatan groundbreaking tersebut menjelaskan bahwa pemilihan Taman Sapurua menjadi lokasi Monumen Bung Karno dikarenakan posisinya yang strategis. Selain itu, Taman Sapurua juga dikelilingi sejumlah ruas jalan yang diberi nama dari nama-nama pulau yang ada di Indonesia, seperti Jalan Jawa, Jalan Bali hingga Jalan Kalimantan. 

"Kalau ada yang nanya kenapa tempatnya di sini? Karena di sini kawasan Nusantara-nya Jawa Barat," terang Ridwan Kamil. (*)

 

Patung Bung Karno ini ditargetkan akan siap dalam 4 bulan mendatang. Jadi, bagi wisatawan yang akan berlibur akhir tahun ke Bandung, jangan lupa singgah ke Taman Sapurua ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: