JANGAN ASAL PILIH! Ini Rekomendasi Tontonan yang Aman Bagi Anak Usia 1-2 Tahun

JANGAN ASAL PILIH! Ini Rekomendasi Tontonan yang Aman Bagi Anak Usia 1-2 Tahun

Source: YouTube Guess How Much I Love You--

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Bagi sebagian orang tua, tentu sulit untuk tidak menggunakan gadget saat mengasuh anak. Apalagi ketika sedang berada di luar rumah, yang mengharuskan orang tua menggunakan triknya agar anak lebih mudah untuk diatur.

Salah satu trik untuk mengendalikan si kecil adalah memberikannya tontonan. Namun, tidak semua tontonan anak ternyata aman bagi usia 1-2 tahun. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberi tontonan anak di antaranya :

Warna dan Suara 

Pilih warna tayangan yang tidak terlalu terang dengan dialog atau suara yang terlalu bising. Karena hal tersebut dapat memberikan sensasi berlebih pada si kecil atau overstimulasi. 

Grafis

Pilih tontonan dengan grafis yang tidak terlalu cepat. Juga hindari tontonan dengan latar yang terlalu banyak gerak. Karena hal tersebut biasanya membuat anak kecanduan tetapi tidak membuat perhatiannya terfokus

Edukasi

Salah satu manfaat yang seharusnya diterima anak usia dini dari menonton sebuah tayangan adalah anak mendapatkan pengetahuan baru dengan cara yang menyenangkan.

Jadi, orang tua sebaiknya menyeleksi tayangan yang ditonton anak dari aspek edukasi. Misalnya apakah cara berperilaku dalam tayangan tersebut baik untuk ditiru anak. 

Sayangnya tanpa disadari, ternyata banyak tontonan anak yang justru memberikan stimulasi berlebih. Sehingga membuat anak lebih sering tantrum dan sulit tidur. 

Karenanya orang tua disarankan lebih selektif memilih tayangan untuk anak, terutama ketika berusia di bawah 3 tahun. Berikut rekomendasi tontonan si kecil dari beberapa platform. 

Netflix

Jika orang tua berlangganan Netflix, si kecil bisa juga ikut menikmatinya melalui tayangan berikut:

1. Llama Llama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: