>

Angkat Penelitian Literasi Keuangan, antar Rama Dhonal Raih Nilai A

Angkat Penelitian Literasi Keuangan, antar Rama Dhonal Raih Nilai A

Rama Dhonal saat menyampaik hasil disertasi--

Dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-Unja

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Mengangkat judul penelitian Pengaruh Edukasi Keuangan, Promosi Keuangan, Lingkungan Sosial terhadap Pengambilan Keputusan Investasi melalui Literasi Keuangan dan Persepsi Resiko (Survei pada Investor Saham Individu yang Terdaftar di Provinsi Jambi. Mengantarkan Rama Dhonal meraih nilai A dalam ujian promosi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (FEB-Unja). Ketua Sidang yang juga Ketua Program Studi Doktor Ekonomi, Prof. Dr. Johannes, S.E.,M.SI mengatakan, penelitian promovendus konteksnya adalah ketka investasi tidak hanya dalam bentuk fisik, namun juga investasi dalam bentuk uang.


Foto bersama Rama Dhonal dan Tim Penguji--

“Investasi saat ini modusnya adalah mengerahkan sumber daya, bukan hanya terjadi di Provinsi Jambi tapi juga di Indonesia. Promovendus mengingatkan pentingnya literasi keuangan, dan kondisi sosial ekonomi setiap investor,” kata Ketua Sidang yang juga Ketua Program Studi Doktor Ekonomi, Prof. Dr. Johannes, S.E.,M.SI kemarin (26/6).


Foto bersama Rama Dhonal dan Keluarga serta Tim Penguji--

Literasi keuangan artinya orang tersebut paham bahwasanya saat ini tingkat pendapatan yang dijanjikan saat ini sangatlah tidak sesuai.

“Yang bersangkutan pun paham kondisi sosial ekonomi sangat menentukan dalam pengambilan keputusan. Kumpulan penelitian promovendus sangat kompeten,” terangnya.

Sementara, Promotor Prof. Dr. H. Haryadi, S.E.,M.M.S mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi yang setinggi=tingginya kepada promovendus atas keberhasilan yang telah diraih. Apa yang telah dikemukakan promovendus menegnai penelitiannya adalah bentuk edukasi dan pengayaan literasi kepada masyarakat terlebih mengenai investasi. Karena investasi itu penting sekali untuk meningkatkan segala sesuatu.


Rama Dhonal dan Plt. Dirut Bank Jambi (ujung kanan)--

“Dalam konteks warga biasa dan investor terjadi perbedaan walaupun jam kerja sama. Kalau warga biasa ketika mereka istirahat aset yang dimiliki tetap dan tidak bertambah, bandingkan dengan investor, yang walaupun jam istirahat aset akan tetap bekerja atau mungkin bertambah, kita ini yang bekerja adalah fisik sedangkan aset kita tidur. Inilah penting dan menariknya penelitian yang dilakukan promovendus,” jelas Promotor Prof. Dr. H. Haryadi, S.E.,M.M.S.

Rama Dhonal mengatakan, penelitian ini diambil dalam disertasi karena di Provinsi Jambi jumlah investornya masih minim. Padahal BEI Perwakilan Provinsi Jambi telah lama dibuka, begitu juga dengan keberadaan investor di Provinsi Jambi.

“Sehingga saya tertarik mengambil judul ini. Harapannya, dengan hasil penelitian yang telah saya lakukan dapat menjadi motivasi atau kebijakan bagi pihak terkait, untuk menrik dan meningkatkan literasi keuangan, sehingga investor di Provinsi Jambi dapat menggerakan pasar modal,” tandas Rama Dhonal.

Dalam ujian promosi tersebut, bertindak selaku Sekretaris Sidang Prof. Dr. Drs. Syahmardi Yacob, MBA, Penguji Eksternal yang merupakan Guru Besar Universitas Bengkulu Prof. Dr. Kamaludin, S.E.,M.M, Co Promotor Prof. Dr. H. Junaidi, S.E.,M.SI, Co Promotor Dr. Hj. Sri Rahayu, S.E.,M.SA, Ak, CA dan Penguji Dr Asep Machpuddin, S.E.,M.M. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: