UIN STS Jambi Bekerjasama Dengan Ruang Guru, Dorong Kesiapan Kerja

UIN STS Jambi Bekerjasama Dengan Ruang Guru, Dorong Kesiapan Kerja

Foto Bersama UIN STS Jambi menjalin kerjasama dengan Ruang Guru--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDUIN STS Jambi melalui Pusat Kajian Karir dan Alumni bekerjasama dengan Ruang Guru menggelar Pembukaan Program Bimbingan Kesiapan Kerja bagi mahasiswa mahasiswi serta alumni UIN STS Jambi di Ruang Ampiteater Wings B GCR Kampus II UIN Simpang Sungai Duren, Rabu (14/6).

Kegiatan dibuka langsung Kepala Biro AUPKK, Hj. Sri Ilham Lubis, M.Pd., dirinya mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan kolaborasi antara Pusat Karir dan Ruang Guru meskipun belum ada perjanjian kerjasama (MoA) antara UIN STS Jambi dengan Ruang Guru namun bisa menyelenggarakan acara ini dengan menghadirkan ratusan peserta. 


Penyerahan Kenang kenangan--

“Besar harapan adanya tindak lanjut kerjasama antara Universitas dengan Ruang Guru untuk memperkuat kerjasama agar terus ada program-program yang berkelanjutan tidak hanya kerjasama pada Program Bimbingan Kesiapan Kerja karena ini dibutuhkan untuk akreditasi unggul,” jelas Kepala Biro AUPKK, Hj. Sri Ilham Lubis, M.Pd.

Program Bimbingan Kesiapan Kerja Kerjasama antara Keterampilan Akademik Mahasiswa & Karir Alumni UIN STS Jambi dan Ruang Guru adalah program kegiatan yang diadakan secara gratis tanpa memungut biaya dari Universitas ataupun peserta. Sehingga menimbulkan animo yang tinggi di kalangan mahasiswa dan alumni untuk mengikuti kegiatan ini. Terbukti lebih dari 350 orang peserta yang terbagi ke dalam dua sesi, mengikuti secara offline dan 100 orang lainnya mengikuti secara daring.

Impact Manager Ruang Guru, Alowisya Bete Iki, S.Pd, M.A., mengatakan kegiatan bimbingan kesiapan kerja ini biasanya diadakan secara online, namun karena antusiasme pendaftar yang sangat tinggi dan luar biasa banyak sehingga acara ini pertama kalinya diadakan secara tatap muka. Untuk itu ia mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi Pusat Karir dan UIN STS Jambi yang memiliki visi dan misi yang sama dengan Ruang Guru.

“Salah satu pilar yang ingin dicapai adalah pendidikan yang berkualitas, untuk itu Ruang Guru menyiapkan program-program untuk mendukung hal tersebut untuk mengatasi kesenjangan dalam kualitas pendidikan”, ucapnya.

Selain itu pilar lain yang ingin dicapai yang berkaitan dengan kepekerjaan yaitu kebutuhan global akan angkatan kerja yang siap dengan secara softskill, hardskill dan skill-skillnya yang dibutuhkan oleh lembaga-lembaga. Oleh karena itu program ini menargetkan mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir dan alumni yang siap menghadapi kerja.

Selain memenuhi lapangan-lapangan kerja kegiatan ini diharapkan para peserta memilik kemampuan melihat potensi menciptakan lapangan kerja sendiri sehingga dapat berkontribusi dalam generasi emas 2045 yang akan jauh lebih baik.

Bimbingan kesiapan kerja dari Ruang Guru, akan lebih intensif karena dilakukan selama 1,5 bulan. Dimana nantinya para  peserta pelatihan akan mendapatkan pendampingan persiapan kerja dari Ruang Guru berupa grup diskusi, pelatihan softskill secara online di skill akademik, konsultasi karir, bimbingan konseling serta berbagai macam benefit lainnya.

Sejak 2015, Ruangguru telah bekerja sama dengan sejumlah Pemerintah Pusat, Daerah, dan sektor swasta guna mendukung rencana pemerintah di bidang pendidikan, khususnya dalam optimalisasi penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar, dengan menyediakan platform ujian online, belajar mandiri melalui learning journey, dan dashboard pemantauan yang dapat diakses oleh pemerintah. Saat ini, Ruangguru bekerjasama dengan beberapa Universitas di seluruh Indonesia untuk memberikan Beasiswa Bimbingan Kesiapan Kerja (BKK).

Beasiswa Bimbingan Kesiapan Kerja (BKK) merupakan program peningkatan softskill dan pendampingan belajar online dan of line untuk mempersiapkan peserta menghadapi persiapan masuk ke dunia kerja. Selama program peserta akan dibekali dengan berbagai fasilitas dan kegiatan baik online maupun of line yang bisa mendukung aktivitas belajar siswa seperti layanan video belajar, diskusi belajar bersama fasilitator, webinar, konseling karir, hingga informasi lowongan pekerjaan secara berkala. (uci)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: