KEREN! BBM Bioetanol Lolos Uji Coba Pakai Toyota Innova Reborn Matic Berjarak 500 KM/Hari

 KEREN! BBM Bioetanol Lolos Uji Coba Pakai Toyota Innova Reborn Matic Berjarak 500 KM/Hari

BBM Bioetanol diujicoba enggunakan kendaraan Toyota Kijang Innova Reborn matic in line 16 Valve DOHC dual VVT-i (137 Ps @5600RPM) dengan menempuh jarak harian 500 km/hari di Surabaya 6 Juni 2023 lalu--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Menjelang peluncuran BBM baru bernama Bioetanol, Pertamina Persero terus melakukan persiapan.

Terbaru, BBM Bioetanol yang merupakan campuran antara BBM Pertamax dan Etonal ini ternyata sudah lolos uji coba yang dilakukan di Surabaya, Jawa Timur pada 6 Juni 2023 lalu.

Tak tanggung-tanggung, BBM Bioetanol ini diuji coba menggunakan kendaraan Toyota Kijang Innova Reborn matic in line 16 Valve DOHC dual VVT-i  (137 Ps @5600RPM) dengan menempuh jarak harian 500 km/hari.

Uji coba ini dilakukan oleh PTPN Group melalui PT Energi Agro Nusantara, bersama PT Pertamina Patra Niaga, Kementrian ESDM Ditjen EBTKE dan Balai Besar Pengujian Migas (LEMIGAS).

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani menyampaikan, bahwa PTPN Group berkomitmen untuk terus mengembangkan energi terbarukan berbasis bahan baku ramah lingkungan.

“Ini merupakan salah satu wujud nyata implementasi Environment, Social and Governance (ESG) kami,” ujarnya di Jakarta seperti dikutip Jambi Ekspres dari holding perkebunan.

Untuk diketahui, Bioetanol merupakan campuran antara BBM konvensional dan nabati etanol yang berasal dari molase tebu hasil produksi PT Energi Agro Nusantara, salah satu anak usaha PTPN Group.

Langkah ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan minyak berbahan baku fosil.

Guna mendorong percepatan pemenuhan bioethanol berbasis tebu, Presiden RI Joko Widodo telah meluncurkan program bioetanol tebu untuk ketahanan energi pada November 2022, saat kunjungan kerja di pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero), Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengharapkan program bioetanol agar terus diakselerasi, mulai dari bioetanol 5% (E5) pada BBM kemudian meningkat E10, E20 dan seterusnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Holding Perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) dan PT Pertamina (Persero) tentang penggunaan Bioetanol Menuju Ketahanan Energi Nasional. Dari kerja sama tersebut, PT Pertamina (Persero) berencana akan meluncurkan BBM bioetanol pada Juni 2023.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. mengatakan, bulan ini Pertamina akan melaunching BBM baru bernama Bioetanol.

"Jadi nanti kita di bulan ini (Juni), kita mau launching produk baru. Yaitu bioetanol. Untuk bioetanol ini adalah campuran antara  Pertamax dengan etanol," ungkap Nicke Widyawati dalam Media Briefing Capaian Kinerja 2022, Selasa, 6 Juni 2023.

Apa itu Bioetanol? Bioetanol adalah energi terbaru yang terbuat dari tetesan tebu. Dari tetesan tebu ini nantinya diproses untuk difermentasi molases.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: