Kehilangan 4.977 Meter untuk Tol Padang-Sicincin, Balai Penyuluh Pertanian Pariaman Dapat Ganti 12.000 Meter

Kehilangan 4.977 Meter untuk Tol Padang-Sicincin, Balai Penyuluh Pertanian Pariaman Dapat Ganti 12.000 Meter

Proses pembebasan lahan Tol Padang-Sicincin terus dikebut Pemerintah Provinsi Sumbar-Foto: Tangkap Layar IG Wagub Sumbar @joinaldy-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Balai Penyuluh Pertanian Padang Pariaman dapat ganti untung lahan seluas 12.000 meter setelah kehilangan lahan seluas 4.977 meter untuk Tol Padang-Sicincin.

 

 

Hilang tanah, diganti tanah. Kementerian PUPR kemudian membeli lahan milik masyarakat untuk mengganti lahan Balai Penyuluh Pertanian Padang Pariaman ini.

 

 

Nilai tanah yang dibeli untuk mengganti lahan yang terpakai adalah Rp 1,8 Miliar.

 

 

Lahan Balai Penyuluh Pertanian Padang Pariaman ini akan digunakan untuk trase tol seksi Padang-Kapalo Hilalang di Nagari Buayan Kecamatan Lubuk Alung.

 

 

Rabu 31 Mei 2023 kemarin, Sekda Padang Pariaman Rudy Repenaldi menerima tanah seluas 12.000 meter ini langsung dari Pejabat PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol PUPR Novriyanto.

 

 

Acara tukar aset antara Pemkab Padang Pariaman dengan Kementerian PUPR ini dilaksanakan di ruang Aula Bapelitbang Kompleks IKK Padangpariaman.

 

 

Rudy seperti dikutip dari padeks.co mengatakan, selama ini pihaknya terus mendukung percepatan pembangunan Tol Padang-Sicincin yang melalui wilayah Pariaman.

 

 

Ia memastikan tidak ada warga yang menolak pembangunan jalan tol. “Hanya ada beberapa bidang yang membutuhkan penjelasan dan fasilitasi,” lanjut Sekda Rudy Repenaldi.

 

 

Sementara itu Ketua Lapangan Tim Percepatan Pembebasan Lahan Tol Pemprov Sumbar Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah mengaku optimistis pembebasan bidang lahan Tol Padang-Sicincin yang tersisa dapat diselesaikan.

 

 

Hingga saat ini sudah 95,01 persen lahan dibebaskan dan hanya tinggal beberapa bidang lagi saja.

 

 

Proses konstruksi Tol Padang-Sicincin pun katanya terus berjalan dan tidak ada hambatan yang dialami Hutama Karya selaku pengembang terkait lahan. “Terus berjalan tanpa henti siang-malam,” lanjutnya.

 

 

Hal ini didukung pula oleh Kanwil ATR BPN Sumbar yang akan menyelesaikan proses verifikasi dan validasi bidang-bidang yang tersisa.

 

 

Dari 1.622 bidang tanah di atas trase tol Padang-Sicincin sepanjang 36,6 Km, di Kapalo Hilalang ini, hanya tinggal 5 persen lagi yang belum bebas atau berjumlah 83 bidang. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: