Logo IKN Karya Alumni DKV Itenas Bikin Jokowi Jatuh Hati

Logo IKN Karya Alumni DKV Itenas Bikin Jokowi Jatuh Hati

Logo IKN resmi diluncurkan-Foto: IKN.go.id-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Mulai sore ini, saya luncurkan logo Ibukota Negara Nusantara! Begitu Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya dalam peluncuran logo IKN di Istana Negara Selasa 30 Mei 2023.

 

Kemudian muncul logo Pohon Hayat di layar. Logo ini merupakan karya Aulia Akbar alumni mahasiswa Desain Komunikasi Visual DKV Itenas angkatan 2010.

 

Kata Jokowi Pohon Hayat ini adalah pohon kehidupan dan semuanya berharap logo Pohon Hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi semua pihak.

 

“Yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” Lanjut Jokowi seperti dikutip dari www.ikntoday.com

 

Logo ini memang spesial, menurut Aulia Akbar, dari informasi yang ia dapat, ikut pula dipilih oleh Presiden RI bersama juri lainnya, artinya logo ini telah membuat Presiden Jokowi jadi jatuh hati.

 

Ia bangga dan senang ketika akhirnya Logo IKN Pohon Hayat terpilih dan akan menjadi sejarah IKN.

 

Desainer grafis asal Bandung ini membuat makna dalam terhadap Pohon Hayat yang ia desain.

 

Pohon hayat adalah tree of life atau Shajarat-al-Hayat yakni pohon yang ditemukan di Bahrain.

 

Pohon Hayat aslinya memiliki tinggi hampir 10 meter atau 9,75 meter dan berusia 400 tahun.

 

Ia tumbuh dengan subur sendiri diantara wilayah yang tandus. Pohon Hayat juga menjadi satu-satunya pohon ukuran besar yang gagah berdiri dengan daun hijau di wilayah tersebut.

 

Pohon Hayat atau juga sering disebut Pohon Kalpataru atau dalam bahasa latin prosopis cineraria itu tumbuh di sebuah bukit di Bahrain.

 

Kalpataru berasal dari kata kalp yang bermakna keinginan. Pada zaman prasejarah dulu, pohon ini dipercaya mampu mengabulkan keinginan.

 

Adapun makna Logo IKN ini, di bagian bawah ada lima batang yang mewakili poin Pancasila.

 

Bagian tengah ada 7 batang yang mewakili 7 pulau besar di Indonesia dan di bagian atas ada 17 kelopak yang mewakili tanggal kemerdekaan RI.

 

Aulia Akbar saat diwawancara media mengaku senang, bangga dan sempat tak percaya logo karyanya dan teman-teman terpilih menjadi logo IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: