Raimuna Daerah Jambi Tahun 2023 Resmi Dibuka oleh Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi

Raimuna Daerah Jambi Tahun 2023 Resmi Dibuka oleh Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi

. Ka. Mabida didampingi Ka. Kwarda Gerakan Jambi saat pemukulan beduk tanda dimulainya Raimuna Daerah Jambi tahun 2023--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pemukulan Beduk oleh Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi Kak Dr. H. Al Haris, S.Sos.,M.H didampingi Ka. Kwarda Jambi Kak H. Sudirman, S.H.,M.H, tanda dimulainya Raimuna Daerah Jambi tahun 2023 secara resmi dibuka, Raimuna Daerah Jambi tahun 2023 mengangkat tema ELOK (Eksis, koLaborasi, inOvatif dan berKarakter). 


Ka. Mabida didampingi Ka. Kwarda Gerakan Jambi saat pemberian santunan kepada warga yang kurang mampu--

Kegiatan ini berlangsung di  Buper Abdurahman Sayoeti Musa. Desa Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi, yang berlangsung 26-31 Mei mendatang. Ketua Sangga Kerja  Raimuna Daerah Jambi tahun 2023, Kak Titin Aria Leader, S.Pd dalam laporannya mengatakan, Raimuna merupakan pertemuan Pramuka berbentuk perkemahan, yang diselenggarakan bagi Pramuka Penegak dan Pandega, baik putra maupun putri dalam jajaran Kwarda Jambi.

“Setelah mengikuti Raimuna Daerah Jambi, nantinya juga berkesmpatan mengikuti Raimuna Nasional tahun 2023 di Buper Cibubur Jakarta,” jelas Ketua Sangga Kerja  Raimuna Daerah Jambi tahun 2023, Kak Titin Aria Leader, S.Pd Sabtu (27/5).


Foto bersama Ka. Mabida, Ka. Kwarda, Ketua DKN, Ka. Kwarcab Kota Jambi, Ketua DKD, Ketua Sangga Kerja dan peserta Raimuna Daerah Jambi tahun 2023--

Sementara, Ka. Kwarda Jambi, Kak H. Sudirman, S.H.,M.H dalam sambutannya mengatakan, Raimuna merupakan pertemuan besar bagi Pramuka Penegak dan Pandega, sehingga kegiatan ini agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, agar bisa menambah wawasan, persaudaraan, sikap kemandirian. Kwarda Jambi masa bakti 2022-2027, tetap melaksanakan amanah visi masa bakti 2022-2027 yakni pencapaian 2.805 Pramuka Garuda, yang memiliki karakter Simpatik.


Ka. Mabida, Ka. Kwarda, Ketua DKN, Waka Mabida, Ka. Kwarcab, unsur pimpinan Kwarda Jambi, para Andalan dan tamu undangan--

“Selain itu kami juga memiliki program unggulan lain dimasa bakti 2022-2027 yakni rintisan kampung pramuka, pra akreditasi gudep, pra sertifikasi tenaga pendidik, revitalisasi kepengurusan Saka. Karena itu kami mohon jalinan konsolidasi dengan Majelis Pembimbing dalam menghidupkan Saka di Kwarda Jambi,” terang Ka. Kwarda Jambi, Kak H. Sudirman, S.H.,M.H.

Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi, Kak Dr. H. Al Haris, S.Sos.,M.H dalam arahannya mengatakan, proses penempaan diri seorang Pramuka, merupakan proses pendidikan sepanjang hayat, yang dilaksanakan dalam wadah pembinaan yang dikenal dengan Gudep.

“Raimuna merupakan sarana pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega, yang rutin dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Kesempatan yang telah diberikan silahkan unjuk kemampuan seni budaya yang dimiliki masing-masing daerah di Provinsi Jambi. Termasuk saat adik-adik tampil dalam Raimuna Nasional,agar budaya yang dimiliki Jambi, ditampilkan dengan sebaik mungkin,” kata Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi, Kak Dr. H. Al Haris, S.Sos.,M.H.

Saat peserta perwakilan Raimuna Nasional mengikuti  kegiatan tersebut, untuk lebih memperkenalkan adat budaya Jambi, terlebih Jambi memiliki khas budaya disetiap wilayahnya. Dirinya juga mengapresiasi Kwarda Jambi, yang pada tahun ini bakal menjadi tuan rumah Bakti Kalpatrau dan tuan rumah Kemah Bakti Saka Wana Bakti tingkat regional Sumatera.

“Artinya kita di Kwarnas cukup diperhitungkan, karena berhasil menjadi tuan rumah dalam dua kegiatan tersebut. Kami juga mengapresiasi Ka. Mabinas Kak Ir. H. Joko Widodo, karena dari kunjungannnya ke Jambi, untuk jalan Sungai Gelam hingga ke Simpang Buper Abdurahman Sayoeti Musa, bakal dilakukan cor beton jalan,” tandasnya.

Dalam kegiatan juga ditampilkan pemukulan Beduk dimulainya Raimuna Daerah Tahun 2023 oleh Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi, pengibaran bendera Raimuna Daerah Jambi tahun 2023, pelantikan Pramuka Garuda, penyematan tanda peserta, penyerahan sertifikat penghargaan atas dukungan kegiatan Raimuna Daerah Jambi tahun 2023 kepada sponsorship dan penyerahan santunan sembako kepada warga kurang mampu yang berlokasi disekitar Buper Abdurahman Sayoeti Musa. Dalam kegiatan turut hadir Forkompimda, Wakil Ketua Dewan Kerja Nasional, perwakilan Kepala OPD, Ketua Kwarcab dalam jajaran Kwarda Jambi, unsur pimpinan Kwarda Jambi, Ka. Pusdiklatda, Ketua LPK, Ketua DKD Jambi, Pinkoncab dan Bindamping dan undangan lain. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: