SAH! Mulai Hari Ini Beli BBM Bersubsidi di Jakarta Wajib Gunakan MyPertamina

SAH! Mulai Hari Ini Beli BBM Bersubsidi di Jakarta Wajib Gunakan MyPertamina

Petugas SPBU melayani pembeli BBM-Pertamina.com-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sah! mulai hari ini (25/05) pembelian BBM bersubsidi di Ibukota Jakarta wajib menggunakan QR Code dan terdaftar diplikasi MyPertamina.

Tujuan penerapan pembatasan pembelian BBM bersubsidi dengan menggunakan QR Code tersebut antara lain agar penyaluran BBM khususnya yang bersubsidi tepat sasaran. 

Diberitakan sebelumnya, Pertamina dan BPH Migas sudah menerapkan pembatasan pembelian BBM bersubsidi Pertalite di empat di Wilayah di Indonesia.

Empat daerah tersebut yakni, Aceh, Bengkulu, Bangka Belitung dan Timika. Diempat wilayah ini sejak 11 Mei 2023 lalu pembelian BBM Pertalite dilayani hanya 20 liter atau Rp 200 per hari jika tidak terdaftar di MyPertamina. 

Namun, jika sudah terdaftar di MyPertamina atau mempunyai QR Code  bisa mendapatkan 120 liter per hari.

Sementara itu, khusus wilayah di Regional Jawa Bagian Barat sebelum menggunakan Full QR Code  pembelian BBM bersubsidi akan dilaksankan dengan menggunkan skema full registran.

Pelaksanaan skema full registran ini dilakukan pada 11 Mei 2023 lalu di wilayah Provinsi Banten dan Jawa Barat. Kecuali Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

Khusus untuk wilayah Proviinsi DKI Jakarta full registran bakal dilaksanakn mulai hari ini (25/5). Untuk Kepuluan Seribu baru dilakanakan pada 8 Juni 2023 mendatang

Apa itu full registran? full registran adalah pembelian BBM yang tidak terdaftar di aplikasi MyPertamina tidak dilayani. Namun, yang sudah terdaftar dapat melakukan pembelian BBM khusunya solar meskipun tidak membawa QR Code.

Nah, untuk yang skema full QR Code wajib menggunakan atau menunjukkan QR Code saat melakukan pembelian BBM. 

Hal itu diungkapkan Joevan Yudha Achmad, Pjs. Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat. Menurutnya, penerapan penerapan skema full QR Code dilakukan agar penyaluran BBM bersubsidi khusunya solar agar tepat sasaran dan tepat volumenya.

"Untuk itu, para pengguna atau pemakai BBM bersubsidi wajib terdaftar di aplikasi MyPertamina,"ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: